JAYAPURA – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Papua melakukan Rapat Forum Koordinasi Teknis Pembangunan Peternakan dan Kesehatan Hewan yang diikuti seluruh Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten/Kota di Hotel Fave Jayapura, Rabu (29/3).

Rapat tersebut secara resmi dibuka Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH yang diwakilkan Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri, SE, MM.

Dalam sambutannya, Gubernur mengatakan, perlu adanya koordinasi yang baik antara seluruh stakeholder di Papua dalam mengantisipasi penyakit hewan yang menular.

“Perlu ditingkatkan koordinasi antar pelaksana fungsi peternakan dan kesehatan hewan baik provinsi maupun kabupaten/kota serta lembaga milik kementerian teknis terkait yang ada di provinsi Papua,”jelasnya.

Dikatakannya, dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat peternak di Papua maka aspek pengembangan dan peningkatan populasi ternak tidak lepas aspek kesehatan hewan. “Kita merupakan salah satu provinsi yang bebas dari penyakit hewan,”ungkapnya.

Walaupun sudah dikatakan sebagai daerah bebas dari penyakit, namun Gubernur Papua tetap meminta dinas terkait tidak mengabaikan hal tersebut.

“Bukan karena sudah bebas kita abaikan tapi kita harus melakukan pencegahan sejak dini,”imbuhnya.

Untuk itu, lanjut Gubernur Lukas Enembe bahwa melalui forum koordinasi ini supaya semua instansi terkait dapat melakukan koordinasi segala aspek yang terkait dengan pembangunan peternakan dan kesehatan hewan baik sektoral.

“Hal ini dianggap penting, guna menyamakan persepsi dalam dalam pencegahan dan pengamanan serta pengendalian penyakit hewan di Papua,”tandasnya. (ing/rm)

 

LEAVE A REPLY