JAYAPURA – Pemerintah Filipina menjajaki kerjasama bidang perdagangan dengan Pemerintah Provinsi Papua.

Hal ini dilakukan mengingat letak strategis Papua secara khusus maupun Indonesia Timur secara umum yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Demikian diungkapkan Konsulat Jenderal Filipina di Manado, Oscar G. Orcine kepada wartawan usai bertemu Pemprov Papua yang diwakili oleh Staf Ahli Gubernur Papua, Johana OA Rumbiak, SE, MM bersama Karo Humas Setda Provinsi Papua, Israil Ilolu, SE, MSi di Kantor Gubernur Papua.

“Jadi tujuan saya ke Papua untuk melihat sejauh mana perkembangan disini. Dan melihat peluang-peluang yang ada. Dari hasil pembicaraan dengan pejabat Pemprov Papua yang saya temui tadi untuk melihat apa yang didorong terutama sektor perdagangan,”ungkapnya.

Dikatakan, melalui kunjungan ini diharapkan bisa mempererat hubungan antara Pemerintah Filipina bersama Pemerintah Indonesia termasuk Pemerintah Provinsi Papua.

“Jadi kalau dilihat dari letak geografis antara Mindanao dan Papua ini memang cukup jauh. Mungkin ada halangan karena jarak maka dari itu saya kesini untuk melihat apakah ada peluang atau tidak dan apa yang bisa dikembangkan disini,”tambahnya.

Sementara itu, Staf Ahli Gubernur Papua, Johana OA Rumbiak, SE, MM memyambut positif kehadiran Konsul Jenderal Filipina yang mana ini menjalin kerjasama dengan Pemprov Papua.

“Kami akan laporkan hal ini kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH. Karena ini penting bagi kami karena saat ini Pemprov Papua tengah membuka peluang bagi investor untuk berinvestasi di Papua,”tandasnya. (ing/ama/rm)

LEAVE A REPLY