Sekaligus Gubernur Menyerahkan Kartu Nelayan

JAYAPURA – Dimasa kepemimpinan 4 tahun Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Wakil Gubernur, Klemen Tinal, SE, MM secara resmi menyerahkan bantuan berupa kartu nelayan dan asuransi kepada nelayan di halaman Kantor Gubernur, Senin (10/4/2016).

Gubernur menjelaskan, dalam waktu dekat Pemerintah Provinsi Papua bakal meresmikan hasil-hasil pembangunan yang telah dikerjakan selama empat tahun berjalan tersebut.

“Untuk itu, saya instruksikan kepada seluruh pimpinan Organisasi Perangkat Dearah (OPD) untuk berkoordinasi dengan Bupati dan Wakil bupati dalam rangka peresmian tersebut,”ungkap Gubernur pada peringatan 4 tahun kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM yang ditandai dengan digelarnya apel gabungan dan diikuti ribuan ASN dan pihak BUMN, BUMD dan TNI/Polri.

Diungkapkan, genap empat tahun kepemimpinannya di Papua dan Gubernur Lukas Enembe mengklaim telah berhasil melakukan sejumlah keberhasilan pembangunan, baik dibidang pendidikan, kesehatan, perekonomian rakyat dan infrastruktur.

Oleh karena itu, di sisa satu tahun masa kepemimpinannya, Gubernur Lukas bakal mencanangkan pembangunan yang dilaksanakan itu yakni merupakan fase menuju kesejahteraan.

“Sebab kita sudah melewati tiga fase sebelumnya. Makanya di sisa satu tahun kepemimpinan saya canangkan fase pembangunan menuju kesejahteraan. Dengan tema “Bersama rakyat, melanjutkan karya, memantapkan kemandiri melanjutkan kesejahteraan rakyat Papua,”terang Enembe.

Lebih jauh Gubernur mengungkapkan, tiga fase telah dilalui Pemprov Papua dalam perjalanan empat tahun masa pemerintahan “LUKMEN” yakni fase pertama, membangun pondasi atau menata masa depan Papua.

Kemudian fase kedua memperkuat kemandirian dalam mewujudkan kesejahteraan, serta fase ketiga memantapkan kemandirian guna mewujudkan masyarakat yang sejahtera.

Sementara hasil pelaksanaan ketiga fase ini, lanjut Gubernur, telah berhasil membawa gerakan bangkit, mandiri dan sejahtera menuju pada keberhasilan pembangunan yang diantaranya semakin meningkatkannya rasa aman, tentram dan nyaman bagi seluruh masyarakat.

Disisi lain bahwa terjadinya peningkatan tata kelola pemerintahan yang bersih dan berwibawa serta penerapan e-government yang mana hal itu mendapat apresiasi pimpinan KPK sehingga menjadikan Papua terdepan dalam penerapannya di Indonesia bagian timur.

“Belum lagi kita berhasil meningkatkan kualitas SDM Papua yang sehat dan berprestasi. Hal ini tergambar dari peningkatan IPM Papua. Disamping itu, pertumbuhan ekonomi Papua kian membaik pula dimana tingkat kemiskinan turun dari 31,52 persen 2013 menjadi 28,20 persen di 2016,”beber Enembe.

Dengan demikian, Gubernur mengajak seluruh aparatur untuk mari kita bergandengan tangan sama-sama melanjutkan harapan kita menuju pembangunan selanjutnya.

“Saya juga instruksikan kepada seluruh ASN untuk tetap pertahankan iklim kerja yang lebih baik dan kondusif di lingkungan kerja saudara-saudara. Karena saudara akan dituntut lebih giat dan lebih profesional dan lebih mampu memperlihatkan progres secara jelas di sisa tahun masa kepemimpinan saya,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY