JAYAPURA – Komitmen Pemerintah Provinsi Papua melalui Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat mulai menunjukan hasil positif.

Bahkan di era kepemimpinan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM bahwa RSUD Jayapura tidak hanya melayani pasien rawat jalan tetapi mampu melaksanakan operasi bedah dengan mendatangkan dokter spesialis dari beberapa rumah sakit ternama di Indonesia.

Bahkan pelaksanaan operasi laparoskopi terhadap salah satu pasien penderita ambient yang berhasil dilakukan oleh tim dokter bedah Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Jayapura bersama dengan Perhimpunan Bedah Endo-Laporoskopik Indonesia (PBEI) merupakan satu keberhasilan di bidang kesehatan.

Operasi dengan teknik bedah minimal invasif yang menggunakan laparoskop atau alat-alat berdiameter kecil untuk menggantikan tangan dokter bedah dalam melakukan prosedur bedah ini sangat membanggakan.

Mengingat, kedepan masyarakat Papua tidak perlu ke luar Papua tetapi dapat dioperasi di RSUD Jayapura.

“Jadi saya pikir, operasi laparoskopi ini sudah berjalan dengan baik dan kita sudah mampu untuk melakukan di Papua. Tidak perlu ke luar Papua lagi cuma sekarang bagaimana kita bisa mendorong agar SDM kita mampu mengoperasikan alat yang ada,”ungkap Gubernur Papua Lukas Enembe usai meninjau pasien yang menjalani operasi di RSUD Jayapura.

Gubernur menjelaskan, progress baik yang telah dilaksanakan oleh Direktur RSUD Jayapura, drg. Josef Rinta, M.Kes dan jajaran merupakan sebuah terobosan yang sangat dihargai.

”Kita harus berikan bukti bahwa kita bisa melakukan operasi-operasi yang sebelumnya tidak pernah dilakukan, sehingga membuat masyarakat kita tidak perlu keluar Papua untuk berobat lagi,”katanya.

Dengan Kartu Papua Sehat (KPS), Gubernur menyakinkan masyarakat Papua untuk dapat mengakses pelayanan bedah di RSUD Jayapura.

”Ini merupakan bentuk perhatian pemerintah kepada masyarakat, sehingga masyarakat tidak perlu untuk berobat ke luar Papua,”pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY