JAYAPURA – Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe, SIP, MH memastikan bahwa pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 tetap dilaksanakan di Papua.

“Jangan ragu kalau Papua tidak jadi tuan rumah PON XX. Papua tetap laksanakan PON,”tegas Gubernur Enembe saat memimpin Rapat Persiapan Penyusunan Biaya Infrastruktur PON dengan pimpinan OPD di Gedung Sasana Karya, Kantor Gubernur Papua, Kamis (13/4/2017).

Gubernur mengatakan bahwa pembangunan infrastruktur PON 2020 di Papua saat ini sudah mulai dilaksanakan. Dan khusus untuk pembangunan stadion utama di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura sudah dimulai dan diharapkan rampung tepat waktu.

Oleh karena itu, Gubernur Enembe kembali menegaskan agar seluruh elemen masyarakat dapat memberikan dukungan dalam berbagai pembangunan yang saat ini sedang dilaksanakan pemerintah.

“Pembangunan stadion utama di Kampung Harapan Sentani sudah dimulai. Dan material serta para pekerja sebanyak 600 orang sdh siap kerja siang malam,”terangnya.

Lebih jauh orang nomor satu di Papua ini menjelaskan, menindaklanjuti pertemuan dengan Presiden pada 28 maret 2017 lalu, maka Pemerintah Provinsi Papua bersama PB PON 2020 telah mempersiapkan biaya infrastruktur PON diantaranya biaya infrastruktur pendukung, akomodasi, venues PON dan kesiapan lainnya.

Selain pembangunan infrastruktur, lanjut Gubernur Enembe, pihaknya juga konsen untuk tekhnis penyelenggaraan PON yang meliputi peralatan PON, venues, panitia serta sumber daya manusia (SDM) pendukung penyelenggaraan yang membutuhkan biaya cukup besar.

“Menindaklanjuti pertemuan dengan bapak Presiden maka hal-hal yang saya sebutkan diatas akan dibawa ke Jakarta untuk bersama Presiden membicarakan secara khusus,”ungkapnya.

Menurut Gubernur dalam pertermuan dengan Presiden nanti, selain membahas pembangunan dan penyelengggaraan PON maka juga akan disampaikan kemajuan-kemajuan pembangunan di Papua untuk diresmikan.

Sementara itu, dijadwalkan pada tanggal 18 April 2017 mendatang, Gubernur Papua bersama masyarakat Kampung Harapan akan menggelar ibadah syukuran di lokasi pembangunan stadion utama kampung sebagai pertanda dimulainnya pembangunan stadion utama Papua Bangkit. (amm/hl/rm)

LEAVE A REPLY