JAYAPURA – Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Papua menunjukan komitmennya untuk rencana pembangunan patung Tuhan Yesus.

Hal ini dibuktikan dengan survei udara yang dilakukan pihak Dinas PU Provinsi Papua bersama tim menggunakan pesawat Grand Caravan diatas lokasi yang direncanakan untuk pembangunan Patung Yesus Kristus di Puncak Gunung Swajah, Kampung Kayu Batu, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura, Sabtu (22/4/2017).

Pesawat Grand Caravan yang membawa tim survei pematung Yesus Kristus take off dari Bandara Sentani, Kabupaten Jayapura terbang rendah sebanyak dua putaran mengintari Pulau Kayu Batu, Distrik Jayapura Utara, Kota Jayapura.

Kepala Dinas PU Provinsi Papua, Ir. Djuli Mambaya, ST mengungkapkan, kegiatan survey udara ini untuk membuat perencanaan dan mengetahui titik koordinat dan posisi Pulau Kayu Batu terutama posisi dan letak Patung Yesus Kristus.

Pasalnya, pihaknya sebagai pemilik proyek sekaligus perencana harus mengetahui secara detil terhadap pekerjaan tersebut.

Menurutnya, pihaknya tentu menghitung kekuatan gempa, arah angin dan pasti sangat hati-hati mengerjakan Patung Yesus Kristus, apalagi ini bangunan tinggi.

“Pematung harus tahu dong rencana lokasi pembangunan Patung Yesus Kristus. Masa sih mau bangun sesuatu tak tahu tempatnya dimana. Abal-abal namanya. Kan banyak perencanaan saat ini tak karuan. Makanya uang Papua ini habis karena tak tahu lokasi dimana hanya habiskan dana Otsus,”tegas Mambaya ketika ditemui usai melakukan survey udara.

Dikatakan, Dinas PU Papua mendapat titik koordinat rencana pembangunan Patung Yesus Kristus di Puncak Gunung Swajah, Pulau Kayu Batu, dimana lokasi tersebut dilihat dari udara dan dilihat dari bola bumi ternyata Gunung Swajah cukup tinggi yakni menghadap ke Kota Jayapura.

Kemudian menghadap ke Kepulauan Indonesia dari Timur ke Barat sehingga dari Timur Nusantara ini akan memberkati Papua, Indonesia dan dunia.

Kata Mambaya, pihaknya telah mengusulkan anggaran sekitar Rp 300-500 miliar memanfaatkan APBD Papua untuk rencana pembangunan Patung Yesus Kristus ini seluas 6 hektar termasuk pembangunan infrastruktur jalan sebagai akses menuju lokasi sebesar Rp 15 milliar.

Patung Yesus Kristus ini memiliki tinggi sekitar 50-67 meter untuk body patung sedangkan landasannya sekitar 100 meter. (ama/rm)

LEAVE A REPLY