JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH melakukan sidak sekaligus meninjau langsung pembangunan wisma atlet di Stadion Mandala, Jayapura yang ditargetkan tuntas pada tahun 2018 mendatang.

“Saya datang melihat finishing bangunan untuk wisma atlet dan Kantor KONI Papua berlantai tujuh. Sudah sejauh mana pembangunannya dan ternyata menurut laporan sudah mencapai 70 persen,”ungkap Gubernur kepada wartawan disela-sela kunjungan, Jumat (5/5/2017).

Dijelaskannya, program pembangunan gedung berlantai tujuh dengan 50 kamar tersebut sudah dalam tahap finishing dan diharapkan sudah operasional tahun depan.

“Nantinya setiap kamar akan diisi enam tempat tidur lantai dua. Jadi 12 orang atlet dan bangunan ini sekaligus dipersiapkan untuk PON 2020,”terangnya.

Untuk fasilitas pendukung seperti jaringan telekomunikasi, jaringan televise, lampu dan WiFi serta fasilitas lainnya yang bisa menunjang keperluan atlet sudah selesai. Bangunan ini juga dilengkapi fasilitas latihan atlet sehingga jika sudah selesai dapat difungsikan untuk para atlet bisa dilatih diruangan hall.

Selain dijadikan sebagai wisma atlet maka gedung tersebut juga akan dijadikan sebagai Kantor KONI Papua yang mengurus semua kepentingan masalah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan pada PON XX mendatang.

Sekedar diketahui bahwa untuk mensukseskan PON XX tahun 2020 di Papua maka Pemerintah Provinsi Papua dibawa kepemimpinan Lukas Enembe, SIP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM akan menata kawasan Stadion Mandala seperti membangun fasilitas olahraga untuk cabang olahraga angkat besi, angkat berat dan binaraga.

“Bangunan yang ada di Stadion Mandala akan diperbaiki, sebab ini merupakan milik pemerintah daerah,”tegasnya.

Sebab, lanjut Gubernur Lukas Enembe lahan yang ada di Stadioan Mandala milik pemerintah daerah.

“Kita akan bangun fasilitas baru seperti GOR untuk angkat besi, binaraga dan angkat berat. Sebab potensi untuk meraih medali emas pada PON XX berada pada tiga cabang olahraga ini,”imbuhnya.

Sebagai cabang olahraga yang diharapkan meraih medali, Gubernur bakal memasukkan cabor binagara dan angkat sebagai cabor yang akan dipertandingkan pada PON XX mendatang di Papua.

“Cabor Binaraga dan angkat berat tidak tidak masuk dalam cabang yang dipertandingkan. Namun ada kewenangan gubernur untuk menambah cabor,”ucap Lukas Enembe.

Gubernur juga menambahkan bahwa pembangunan fasilitas olahraga di kawasan Stadioan Mandala Jayapura dinilai sangat penting, sebab fasilitas yang ada saat ini merupakan fasilitas dari zaman Gubernur A. Zainal.

“Bangunannya sudah rusak semua, tidak pernah diperhatikan oleh gubernur sebelumnya. Oleh karena itu kita akan memperbaiki bangunannya, GOR dan fasilitas,”pungkasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY