WAMENA – Kunjungan Presiden Jokowi ke Papua ternyata salah satu agenda penting yang dilakukan adalah melihat langsung sekaligus meninjau pembukaan ruas jalan Wamena-Habema.

Rasa terharu tidak dapat dilukiskan saat melihat seorang Presiden Joko Widodo dengan mengendarai sepeda motor KLX menuju ke Habema.

Sekedar diketahui, Presiden Jokowi adalah satu satunya Presiden Republik Indonesia yang mau mengetahui kondisi riil Papua di lapangan sehingga menjadi sejarah penting di Republik Indonesia lebih khusus untuk Papua.

Dengan mengendarai sepeda motor sendiri kemudian melewati jalan pengerasan (belum beraspal) dan berliku-iku namun Presiden Jokowi tampak tetap bersemangat.

Presiden didampingi sejumlah Menteri dan Panglima TNI termasuk Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH, Ketua TP PKK Provinsi Papua, Ny. Yulce Enembe, Bupati Jayawijaya, Wempi Wetipo, Penjabat Bupati Nduga, Doren Wakerwa, SH, Wakil Bupati Jayawijaya, John R Banua dan Forkompimda di lingkungan Pemkab Jayawijaya.

Meskipun saat itu sepeda motor yang dikendarainya sempat mogok saat tikungan menanjak namun semangat Presiden Jokowi tidak surut untuk terus tiba di Habema.

Disela-sela kunjungannya itu, Presiden Jokowi mengatakan bahwa pembukaan jalan ini dilakukan oleh pihak TNI selanjutnya untuk pengaspalan diserahkan kepada pihak Dinas Pekerjaan Umum.

“Percepatan pembangunan jalan Trans Wamena-Mumugu yang diawali oleh anggota TNI telah selesai dikerjakan, namun ada beberapa kendala yang meliputi medan berada di ketinggian sehingga mobilitas pengangkutan aspal dan alat berat terhambat,”ujar Jokowi.

Dijelaskan, jalan Wamena menuju Mumugu sepanjang 830 kilometer sedangkan jalan yang sudah dikerjakan atau yang diaspal sepanjang 360 Km. Dan untuk target penyelesaian secara keseluruhan tahun 2018.

“Sementara untuk proyek pengerjaan keseluruhan jembatan dari Wamena menuju Mumugu sebanyak 35 jembatan namun sampai saat ini jembatan dalam proses pengerjaan sebanyak 15 jembatan,”terang Presiden.

Usai memberikan keterangan pers, Presiden Jokowi tampak mengabadikan keindahaan Danau Habema bersama Ibu Negara dengan berfoto.

Selanjutnya dengan menggunakan kendaraan roda empat, rombongan Presiden kembali ke Kota Wamena untuk selanjutnya bertolak menuju Sentani. (tim/rm)

LEAVE A REPLY