TOLIKARA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH meminta kepada 29 Pemerintah Kabupaten/Kota yang ada di Papua untuk menggunakan alokasi dana Otonomi Khusus (Otsus) dengan baik.

Bahkan, alokasi dana 80 persen yag dikucurkan ke kabupaten/kota itu diharapkan bisa diperuntukkan untuk bidang prioritas seperti ekonomi, pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.

“Ketika saya menjadi Gubernur Papua maka saya bersama saudara Wakil Gubernur, Klemen Tinal telah mendorong pembagian fiskal untuk alokasi dana otsus dimana kabupaten/kota mendapat alokasi sebesar 80 persen. Sedangkan provinsi mendapat alokasi sebesar 20 persen,”ungkapnya di hadapan masyarakat di Distrik Kanggime, Kabupaten Tolikara, Jumat (12/5/2017).

Dirinya menilai jika masyarakat kabupaten/kota tidak mengalami perubahan di berbagai bidang maka ini menjadi tangungjawab Bupati dan Wali Kota.

“Kita sudah turunkan alokasi dana otsus yang cukup besar. Uang banyak beredar di kabupaten/kota dan jika sampai tidak dikelola dengan baik maka ini bisa dipertanyakan,”bebernya.

Menurutnya, tidak hanya dana otsus tetapi berbagai gelontaran dana juga turun ke kabupaten/kota seperti dana alokasi khusus maupun dana desa.

Sehingga pihaknya mengharapkan kepada pemerintah daerah maupun pemerintahan daerah bawahan untuk dapat memaksimalkan dana yang diberikan untuk kesajahteraan masyarakat.

Gubernur menambahkan, Pemprov Papua bakal secara konsisten melakukan pengecekan terhadap alokasi dana yang diturunkan ke kabupaten/kota.

”Kita akan cek apakah dana ini sudah sesuai dengan peruntungan atau tidak,”pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY