JAKARTA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH kembali meraih penghargaan sebagai “Tokoh Pembangun Daerah Indonesia Timur” dalam gelaran iNews Maker Award 2017.

Penghargaan tersebut diterima langsung Sekretaris Daerah Provinsi Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH pada Senin, (22/5/2017) malam di Plenary Hall Gedung MNC News Center, Jalan Kebon Sirih Kav 17-19, Menteng Jakarta Pusat.

Penghargaan ini merupakan penghargaan ketiga yang diterima Gubernur Papua dimana sebelumnya Gubernur Papua mendapat penghargaan sebagai salah satu Kepala Daerah Inspiratif 2017 versi Majalah Sindo Weekly.

Kemudian menerima penghargaan tematik Otonomi Daerah dari Kementerian Dalam Negeri, karena dinilai berhasil membangun kesejahteraan masyarakat terisolir di Papua.

Direktur INews TV, Wijaya Kusuma mengatakan, apresiasi ini diberikan karena Gubernur Papua Lukas Enembe dinilai banyak melakukan terobosan untuk membangun infrastruktur Papua yang memiliki tantangan geografis yang besar. Sejumlah kebijakan pembangunan radikal yang dilakukan di bawah visi Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera mampu mengangkat Papua dari ketertinggalan.

“Kita butuh sosok pemimpin seperti Lukas Enembe yang mampu menjadi pemimpin yang mengajak rakyatnya bangkit,”kata Wijaya.

Menurut Wijaya, sebagai saluran berita informatif dan inspiratif, INews TV menggelar INews Maker Award sejak tahun 2015 untuk memberi penghargaan kepada pejabat publik, kepala daerah, tokoh masyarakat dan olahragawan yang paling banyak dibicarakan publik karena terbukti berkontribusi membangun bangsa dan daerahnya.

“Tahun ini kita pilih Tema “Indonesia Bangkit” karena bulan Mei identik dengan peringatan hari Kebangkitan Nasional. Konsep penilaiannya, mengacu pada 1P+3K yaitu Popularitas, Kepeloporan, Konsistensi dan Kepakaran. Untuk penghargaan kita pilih 6 kategori, yaitu Kategori Pejabat Publik, Sosial Kemasyarakatan, Profesional, Fenomenal, dan Lifetime Achievement.

Sementara itu, Sekda Papua, Hery Dosinaen, SIP, MKP kepada wartawan usai menerima penghargaan mengungkapkan, penghargaan yang diberikan kepada Gubernur Papua yang berhasil dalam memimpin pelaksanaan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dengan berbagai macam tantangan yang sangat luar biasa.

“Dengan berbagai kebijakan yang berpihak kepada masyarakat dan kebijakan membangun Papua secara utuh. Inilah satu apresiasi yang sangat luar biasa diterima oleh bapak Gubernur Papua,” jelasnya.

Dikatakannya, penghargaan tersebut memberikan suatu motivasi yang sangat luar biasa sampai tingkat kabupaten dan kota dalam melaksanakan pembangunan di daerahnya masing-masing.

“Ini membawa suatu motivias bagi para Bupati dan Wali Kota untuk berpacu berkreativitas dan berinovasi dalam membangun daerah di kabupaten maupun kota masing-masing serta menjadi satu kesatuan dalam pembangunan Provinsi Papua,”katanya.

“Malam ini juga merupakan malam yang bersejarah bahwa apresiasi ini diberikan kepada Gubernur dengan berbagai kebijakannya membangun Papua untuk Indonesia,”tambahnya.

Selain kepada Gubernur Papua, iNews Maker Awards juga memberikan penghargaan kepada Bupati Puncak, Willem Wandi, SE, M.Si sebagai tokoh Pembangun Infrastruktur Daerah Terisolir serta 12 tokoh lain dengan berbagai latar belakang dan bidang pengabdian. Ajang penghargaan ini sekaligus juga menjadi peringatan hari jadi iNews TV yang kedua. (ing/rm)

LEAVE A REPLY