JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Kesehatan Provinsi Papua secara resmi mencanangkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) sebagai implementasi dari pencanangan Germas secara nasional yang dilaksanakan oleh Menteri Kesehatan, Dr. Nila Moeloek beberapa waktu lalu.

Pencanangan ini, kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes merupakan penguatan pembangunan kesehatan yang mengedepankan upaya promotif-preventif tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

“Germas bertujuan untuk menurunkan beban penyakit, menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk, dan menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan,”ujarnya disela-sela Raker Kesehatan Daerah Provinsi Papua tahun 2017 di Hotel Aston Jayapura, Jumat (2/6/2017).

Aloysius menyatakan bahwa dalam kehidupan sehari-hari, praktik hidup sehat merupakan salah satu wujud revolusi mental. Untuk itu, Germas mengajak masyarakat untuk membudayakan hidup sehat supaya mampu mengubah kebiasaan-kebiasaan atau perilaku tidak sehat. Untuk menyukseskan Germas, lanjutnya, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja.

Dengan demikian, lanjut dokter Alo, sapaan akrabnya mengajak seluruh elemen masyarakata Papua untuk memberikan dukungan, komitmen, dan peran-sertanya dalam bergotong royong meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang. (ama/rm)

LEAVE A REPLY