JAYAPURA – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes mengakui, dalam acara Rapat Kerja Kesehatan Daerah (Rakerkesda) Provinsi Papua tahun 2017 yang digelar di Kota Jayapura, sejak Kamis (1/6/2017) juga akan ditandai dengan dilakukannya Memorandum Of Understanding (MoU) tentang pemenuhan enam jenis tenaga kesehatan di seluruh Puskesmas di Papua.

Dijelaskannya, Rakerkesda tahun ini dihadiri oleh Kepala PPSDM Kementerian Kesehatan, drg. Usman Sumantri, Dirjen Kesehatan Masyarakat Kementerian Kesehatan, dr. Anung Sigihantono, M.Kes dan Direktur SKK Kementerian Kesehatan, dr. Elizabeth Jane Soepardi, MOH, Dsc.

Bersamaan dengan itu, lanjutnya, ada pencanangan 12 indikator keluarga sehat secara nasional ditambah 12 indikator keluarga sehat tambahan versi Papua untuk mendukung eliminasi, eradikasi/pengendalian malaria, frambusia, filariasis, kusta, obesitas, diabetes, hipertensi, kanker serviks dan miras.

“Selain itu, Rakerkesda ini juga akan ada penghargaan dan apresiasi kepada Bupati dan Wali Kota yang berhasil dalam program kesehatan. Jadi penghargaan itu diberikan kepada kepala daerah yang berhasil dalam program TB dan yang berhasil menekan HIV-AIDS serta yang menekan angka AKI dan AKB,”tandasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY