JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH memerintahkan setiap Kepala Daerah baik Bupati dan Wali Kota untuk menjangkau daerah-daerah yang sangat terpencil dalam rangka pelayanan kesehatan dengan menempatkan minimal lima jenis tenaga kesehatan dan jumlah minimal 10 sepuluh tenaga kesehatan di Puskesmas.

Demikian ditegaskan Gubernur Lukas Enembe dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Pemerintahan, Politik dan Hukum Simeon Itlay ketika Rapat Kerja Kesehatan Daerah di Hotel Aston, Jayapura, Jumat (2/6/2017).

Gubernur mengatakan, petugas kesehatan harus melayani masyarakat sampai ke kampong-kampung minimal sekali sebulan dengan mengunjungi keluarga di rumahnya masing-masing guna mencari dan mengobati anggota keluarga yang menderita penyakit AIDS, TBC, malaria, kusta, kaki gajah, frambusia, hipertensi, diabetes, gangguan jiwa, kanker payudara dan kanker leher rahim.

Gubernur mengharapkan, petugas kesehatan juga harus mensosialisasikan kepada masyarakat tentang bahaya miras, mengisap rokok, mengisap ganja maupun aibon.

“Petugas kesehatan wajib mengecek apakah setiap rumah mempunyai sarana air bersih, jamban, kelambu dan memeriksa jentik nyamuk serta memberantas sarang nyamuk di sekitar rumah. Kemudian memantau kesehatan ibu hamil serta pemberian imunisasi dan vitamin A terhadap balita secara teratur,”jelasnya.

Menurutnya, jika semua hal tersebut diatas dilakukan secara teratur dan sungguh-sungguh maka sudah barang tentu melaksanakan amanat UU Otsus Pasal 59 ayat 2 yang berbunyi “Pemerintah Provinsi dan pemerintah Kabupaten/Kota berkewajiban mencegah dan menanggulangi penyakit-penyakit endemis dan atau penyakit-penyakit yang membahayakan kelangsungan hidup penduduk serta kita juga akan mencapai Papua Sehat yang Mandiri dan Sejahtera.

Gubernur menuturkan, pihaknya juga akan memberikan penghargaan kepada Bupati dan Wali Kota yang telah berhasil dalam pembangunan kesehatan, mencanangkan Indikator Keluarga Sehat versi Papua yang merupakan pengembangan dari Indikator Keluarga Sehat serta melakukan Pencanangan Papua Bebas Miras, Papua Eliminasi Malaria, Kusta dan Filariasis, Papua Musnakan Frambusia, Papua Melawan Diabetes, Hipertensi, Obesitas, Kanker Leher Rahim dan Kanker Payudara melalui gerakan masyarakat sehat Papua yang didukung oleh semua Bupati/Wali Kota dan lintas sektor. (ama/rm)

LEAVE A REPLY