JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua melalui Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) masih fokus meningkatkan kompetensi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemprov Papua.

Kepala Badan SDM Papua, Zakarias Giay mengatakan, peningkatan kompetensi yang akan dilakukan diantaranya dengan mengembangkan kemampuan pegawai negeri sipil, sehingga mendukung peningkatan karir ASN yang bersangkutan.

“Intinya kita memantau setiap ASN yang dalam posisi apapun dan jika yang
bersangkutan memiliki skill dan pengetahuan kurang maka mereka inilah yang
kita tingkatkan,”jelasnya.

Menurutnya, peningkatan tersebut tentunya berbagai kegiatan pelatihan peningkatan
kompetensi dengan harapan seusai mengikuti serangkaian pembekalan dan lebih cetakan serta mampu menjalankan dengan dengan baik.

Meski demikian, lanjut dia, Badan Pengembangan SDM tidak asal mengirim pegawai negeri sipil untuk mengikuti pelatihan melainkan sebelumnya melakukan seleksi ketat, dengan tujuan agar setiap ASN yang ikut pelatihan, tidak pulang dengan sia-sia.

“Sebab yang kita takutkan juga jangan sampai pegawai negeri yang dikirim hanya sekedar mengikuti pelatihan. Kemudian dapat sertifikat tetapi tidak mampu mengaplikasikan ilmu yang dipelajari saat ikut pelatihan,”ucapnya.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan mendorong pimpinan SKPD agar setiap ASN yang diposisikan dalam satu bidang, disesuaikan dengan kompetensi yang dimiliki.

“Dilain pihak, kita mendukung dengan melaksanakan diklat kepemimpinan, baik untuk pejabat eselon IV dan III. Sehingga diharapkan seluruh pegawai yang ditempat benar-benar berkualitas dan sesuai disiplin ilmunya,”terangnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY