JAYAPURA – Untuk meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Provinsi Papua berencana akan membentuk koperasi ASN.

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Sekda Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM mengungkapkan, koperasi ASN yang nantinya untuk memberikan pelayanan, meningkatkan kesejahteraan, memberikan kemudahan dan kebutuhan PNS.

“Koperasi ASN ini mesti dikelolah tenaga profesional sekaligus bisa menjadi contoh bagi koperasi ASN diseluruh Papua,”ungkapnya.

Namun sebelum membentuk koperasi ASN, Loupatty menjelaskan, pihaknya akan  memberikan arahan kepada seluruh ASN di lingkungan Pemprov Papua terkait   jumlah ASN sekaligus manfaat yang diperoleh dari koperasi ASN.

“Jika 7.000 PNS di Pemprov Papua masuk menjadi anggota koperasi ASN maka kita akan mendapatkan banyak keuntungan. Mudah-mudahan dalam waktu yang tidak terlalu lama lagi koperasi ASN terbentuk,”katanya.

Sekda Papua, TEA Hery Dosinaen, SIP, MKP sebelumnya menjelaskan, meminta Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) mengaktifkan kembali koperasi ASN yang selama ini tidak aktif.

Ia mengaku sudah menginstruksikan Pengurus Korpri Provinsi Papua untuk mengaktifkan kembali koperasi tersebut sekaligus mewajibkan pengurus koperasi itu lebih kreatif.

“Mulai kini Sekretaris Korpri akan menyebar ke seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk mendata ASN dan hal-hal apa yang harus dilakukan nanti secara teknis,” ucapnya.

Menurutnya, nantinya secara teknis sekretaris korpri dan staf akan melaksanakannya dan pasti hadir di semua instansi untuk melakukan hal-hal yang menjadi perhatian bersama. Korpri merupakan organisasi di Indonesia yang anggotanya terdiri dari PNS, BUMN, BUMD serta anak perusahaan dan perangkat Pemerintah Desa. (ing/rm)

LEAVE A REPLY