JAYAPURA – Pelaksanaan pemungutan suara ulang (PSU) di Kabupaten Intan Jaya berjalan dengan aman dan kondusif. “Terimakasih kepada masyarakat Intan Jaya sehingga situasi terkendali, kondusif berkat kerja keras kita bersama,”ungkap Wakapolda Papua, Brigjen Pol. Drs. Agus Riyanto usai melaksanakan pantauan langsung di Kabupaten Intan Jaya.

Wakapolda menjelaskan, pihak Kepolisian bersama TNI sudah berupaya maksimal dalam membantu dan mengamankan pelaksanaan PSU yang berlangsung Selasa kemarin.

“Kepolisian dan TNI sudah berupaya maksimal membantu teman-teman penyelenggara dan ini juga peran serta masyarakat, pasangan calon dan para pendukung,”ujar Wakapolda.

Dijelaskannya pula bahwa untuk hasil perhitungan suara merupakan wewenang dan kapasitas dari KPU. Wakapolda mengingatkan bahwa masih ada dua kabupaten yang akan melaksanakan PSU yaitu Kabupaten Waropen dan Kabupaten Jayapura.

“Pelihara situasi aman dan kondusif sehingga pembangunan di tanah Papua dapat lancar dan meningkat,”terangnya.

Wakapolda juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga situasi agar tetap kondusif. Sebab pilkada bukan segalanya melainkan hal ini proses demokrasi seperti kompetisi ada yang dapat suara banyaj dan ada yang sedikit. Mudah-mudahan dengan pemahaman seperti ini dapat diterima.

Bahkan Wakapolda mengingatkan bahwa yang memperoleh suara banyak berarti masyarakat mempercayakan. Bukannya langsung puas diri, namun ini adalah tantangan. Sementara yang memperoleh suara sedikit segera melakukan evaluasi dan dapat mengikuti pilkada pada tahun berikutnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY