JAYAPURA – Kabar gembira bagi masyarakat yang ingin menjadi Pegwai Negeri Sipil, pasalnya tahun ini Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN dan RB) akan membuka formasi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) khusus untuk Provinsi Papua, Papua Barat dan Kalimantan Utara.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicholaus Wenda mengaku, khusus untuk Provinsi Papua, pemerintah pusat memberikan kuota sebanyak 173 orang.

“Untuk Papua dan Papua Barat merupakan penerimaan pegawai tahun ini merupakan penerimaan yang tertunda pada tahun 2014 lalu, sementara Kalimantara Utara merupakan Daerah Otonomi Baru (DOB),”jelasnya.

Ia menjelaskan, adanya penerimaan pegawai untuk 3 provinsi tersebut sesuai hasil pertemuan dengan KemenPAN dan RB belum lama ini. Khusus untuk Papua yang mendapat kuota sebanyak 173 orang belum termasuk untuk penerimaan pegawai di kabupaten dan kota.

“Yang perlu diketahui bahwa penerimaan pegawai tahun ini bukan pencabutan moratorium, namun penerimaan pegawai yang terunda,”katanya.

Mengenai jadwal pendaftaran, Nicholaus Wenda menambahkan, belum dapat dipastikan. Sebab kabupaten dan kota dari 3 provinsi tersebut terlebih dahulu akan mengembalikan perbaikan formasi atau berkas kepada KemenPAN dan RB.

“Kabupaten dan kota akan melakukan perbaikan untuk diusulkan, dimana kabupaten dan kota melakukan penerimaan pegawai sendiri,”beber Nicholaus Wenda.

Ia kembali menjelaskan bahwa dari 173 orang yang akan diterima di provinsi tersebut, nantinya akan lebih mengutamakan bidang pendidikan sebesar 35 persen, perawat 35 persen dan teknis 30 persen.

Namun karena adanya arahan dari deputi MenPAN dan RB, maka penerimaan akan susun kembali sesuai kebutuhan. Tetapi tidak ada penambahan kuota atau tetap 173 orang.

Untuk penerimaan CPNS kali ini, Nicholaus Wenda mengaku sistem penerimaan pegawai tahun ini menggunakan sistem online atau chat. Namun jadwalnya masih menunggu pengumuman dari Kemen-PAN dan RB.

Demi kelancaran rekrutmen pegawai, Nicholaus Wenda mengharapkan kabupaten dan kota dapat memperbaiki usulan dengan baik sebelum diusulkan kembali untuk selanjutnya akan dilakukan penerimaan secara online.

“Penerimaan ini kami sudah laporkan kepada Pak Sekda,”terangnya. 

Adanya penerimaan pegawai yang diberikan kepada Provinsi Papua tidak lepas dari upaya Gubernur Lukas Enembe, SIP, MH yang selama ini telah memperjuangkan agar dilakukan penerimaan pegawa yang tertunda pada tahun 2014 silam.

“Ini merupakan kabar baik bagi masyarakat dan merupakan perjuangan Gubernur Papua yang selama ini didorong melalui DPR,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY