JAYAPURA – Pemerintah Kabupaten Mamberamo Tengah mendapat penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI) atas keberhasilannya bangun Graha Pemilu.

Graha Pemilu adalah sebuah bangunan terintegral bagi penyelenggaraan pemilu di suatu daerah yang terdiri dari bangunan lengkap bagi KPUD dan Panwaslu serta sejumlah fasilitas penunjang didalamnya hingga rumah staf.

Bupati Mamberamo Tengah, R. Ham Pagawak, SH, M.Si mengaku, bangga dan bersyukur atas penyerahan penghargaan yang diberikan langsung oleh pimpinan MURI di Jakarta beberapa waktu lalu.

“Rekor MURI yang diberikan ini atas penilaian pembangunan gedung KPU dan Panwas yang dilengkapi dengan ATK kantor,”ungkap Bupati Ham Pagawak kepada wartawan di Jayapura, Senin (14/8/2017).

Dijelaskan Bupati Ham, KPU Pusat baru mau merencanakan untuk membangun kantor KPU, namun Pemkab Mamberamo Tengah sudah membangun lebih dulu.

“Kami adalah kabupaten terisolir yang jauh dari ibukota negara, namun kami telah sukses membangun kantor KPU dan Panwas dalam satu areal dengan APBD Kabupaten tahun 2016. Untuk satu bangunan beserta isinya, menghabiskan dana sebesar Rp 17 milliar dan itu telah diresmikan oleh Ketua KPU Pusat dan Bawaslu Pusat pada April 2017 lalu,”terangnya.

“Kami dari segi pemerintah, bupati dan wakil bupati, kami merasa bangga diberikan penghargaan ini. Karena menurut kami tidak pernah bayangkan kalau apa yang kami buat ini bakal dinilai seperti itu,”tambahnya.

Menurutnya, pembangunan Graha Pemilu ini, pihaknya melihat KPU dan Panwas adalah lembaga pemerintah yang sebenarnya harus diperhatikan oleh Pemerintah.

“Dengan kondisi Kabupaten Mamberamo Tengah yang selama ini kami punya KPU dan Panwas tidak punya tempat untuk bekerja. Padahal tugas mereka sangat berat untuk melaksanakan Pilkada Bupati, Gubernur dan juga Pileg. Melihat kondisi ini, saya dengan Wakil Bupati sepakat bangun unit lengkapi dengan barak dan semua peralatan kantor kami lengkapi,”bebernya.

Bupati R. Ham Pagawak berharap dengan penghargaaan ini dapat memberikan motivasi kepada pemerintah daerah dan juga lebih khusus KPU dan Panwas untuk bekerja lebih baik dan sempurna juga berwibawa.

“Karena dengan fasilitas yang sudah disiapkan pemerintah itu akan menghasilkan kerja KPU yang baik, sehingga kualitas KPU diharapkan lebih baik lebih, apalagi khusus di Papua rawan konflik. Namun saya percaya masyarakat Mamberamo Tengah masyarakat yang sangat Baik dan mengerti sehingga saya yakin Pilkada 2018 dapat berjalan dengan baik, lancar dan aman,”pungkasnya. (Lam/ing/rm)

LEAVE A REPLY