JAYAPURA – Guna menyelesaikan polemik status anggota DPRD Mimika maka Kementerian Dalam Negeri melalui Direktur Jenderal Otonomi Daerah, Sonny Sumarsono akan melakukan dialog dengan DPRD Mimika.

Hal ini sebagaimana diungkapkan Dirjen Otda, Sonny Sumarsono kepada wartawan usai melakukan pertemuan dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH di Swissbel Hotel, Senin (14/8/2017).

“Besok (hari ini-red) saya akan mengunjungi Kabupaten Mimika, guna melakukan monitoring terkait permasalahan yang dihadapi DPRD setempat,”ungkapnya.

Ia mengaku, dalam menyelesaikan permasalahan DPRD Mimika tidak bisa dibahas secara detail.

“Untuk itu, kami hanya konsultasi ke Gubernur untuk melihat situasi yang terjadi disana, kalau subtansinya belum,”kata Sumarsono.

Diakuinya, dalam menyelesaikan masalah DPRD Mimika tidak ada target. Sebab, pihaknya ingin melihat sutyasi yang terjadi dan meminta serta mendalami aspirasi DPRD untuk segera dilakukan percepatan atau pengaktifan kembali.

“Saya akan berdiskusi disana, jadi hari ini hanya izin ke kepala daerah (gubernur_red). Habis ini saya pamit dan besok menuju Mimika untuk melakukan monitoring disana,”ucapnya.

Setelah berbincang dengan Gubernur, lanjut Dirjen Otda bahwa pihaknya punya niat baik untuk memprakarsai dan memang DPRD Mimika harus segera diaktifkan.

“Tapi saya mau kesana dulu bertemu DPRD dan berdialog dengan mereka, nanti setelah dari sana baru saya akan beritahu,”katanya.

Ia tekankan, Gubernur Papua memiliki niat yang baik, namun beliau juga ingin melihat semua proses, prosedur dan dasar-dasar hukum yang jelas seperti apa.

“Jadi bukan karena lambat, tetapi beliau itu cermat dan teliti dalam melihat persoalan jangan sampai ada celah. Intinya tidak ada itu namanya menghambat,” katanya lagi.

Ditempat yang sama, Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengatakan, menyoal masalah DPRD Mimika pihaknya selalu mengikuti perkembangannya dan bahkan Gubernur menilai kemungkinan yang bagus adalah diaktifkan apalagi tahun depan akan ada Pilkada 2018.

“Kalau belum aktif bagaimana nanti bupati yang maju mau pake DPPD yang mana, jadi lebih bagus diaktifkan kembali,”terang Gubernur Enembe.

Mengenai hal ini, lanjut Gubernur, dirinya sudah berbicara langsung dengan Bupati Mimika, Eltinus Omaleng beberapa waktu lalu ketika melakukan kunjungan kerja disana, sehingga pihaknya menyurat agar Dirjen bisa melihat langsung.

“Jadi kami ikuti saja proses yang sedang berjalan, saya berharap DPRD Mimika dapat kembali aktif, sehingga pelayanan bisa berjalan,”tandasnya. (Ing/rm)

LEAVE A REPLY