JAYAPURA – Pembahasan Instruksi Presiden (Inpres) tentang dukungan dan percepatan pembangunan prasarana dan sarana pendukung dalam persiapan penyelenggaraan Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Tahun 2020 Provinsi Papua terus dikebut oleh Pemerintah.

Kementerian Pemuda dan Olahraga(Kemenpora) yang bertanggungjawab atas penyiapan Inpres tersebut dan pada Jum’at 11 Agustus 2017 telah melakukan rapat finalisasi pembahasan rancangan Inpres bersama Kementerian/Lembaga, KONI, TNI-Polri, Pemerintah Provinsi Papua dan Kabupaten/Kota lokasi penyelenggaraan PON XX supaya minggu depan dapat segera dikirimkan ke Sekretariat Negara untuk disampaikan kepada Presiden Joko Widodo. 

Sekretaris Kemenpora, Gatot Sulistiantoro Dewa Broto, yang mempin langsung rapat tersebut menyampaikan bahwa Presiden Jokowi meminta agar Inpres ini dapat diterbitkan sebelum tanggal 17 Agustus 2017.

“Bapak Menteri meminta kepada kami agar Rancangan Inpres ini segera kita finalkan dan telah sampai ke meja beliau senin depan untuk segera disampaikan ke Presiden untuk ditandatangani. Bagi kami inilah Inpres yang tercepat yang pernah kami siapkan,”ungkap Gatot.

Diakuinya, Kementerian/Lembaga yang hadir seperti PUPR, BPK, Kemendgari, Sekneg, Bea dan Cukai, TNI dan Polri telah memberikan masukan atas draf Inpres yang telah ada dan sepakat untuk memberikan dukungan penuh dalam penyiapan sampai penyelenggaraan PON XX di Provinsi Papua.

“PON XX tahun 2020 di Provinsi Papua nantinya akan menjadi PON yang bersejarah, karena akan diselenggarakan di provinsi paling timur Indonesia dan mempunyai misi yang tidak hanya dalam hal pembinaan dan peningkatan prestasi olahraga, akan tetapi juga mempunyai misi percepatan pembangunan, promosi wisata nasional dan mempererat rasa kebangsaan dan kebanggaan bagi rakyat papua sebagai bagian dari NKRI,”terang Gatot.

Presiden, lanjutnya, telah memerintahkan kepada Menpora untuk menyiapkan Inpres agar dapat memastikan penyiapan sampai pelaksanaan PON XX dapat berjalan lancer dan sukses sesuai jadwal yang direcanakan. (Tim/rm)

LEAVE A REPLY