JAYAPURA – Prestasikan membanggakan ditorehkan oleh Karel Pattipeme, seorang petani asal Provinsi Papua yang berhasil masuk kategori petani teladan kategori 3 besar tingkat nasional tahun 2014. Karel Pattipeme yang menjadi perwakilan dari Papua pada ajang tersebut berhasil mendapatkan hadiah 1 buah traktor roda empat yang diserahkan langsung oleh Menteri Pertanian RI, DR. Ir. H. Andi Amran Sulaiman di Jakarta, Selasa (15/8/2017).

Traktor yang diserahkan diperuntukan untuk pengembangan areal hijau pakan ternak, Karel Pattipeme juga berkesempatan langsung untuk menghadiri upacara HUT Kemerdekaan ke 72 RI di Istana Negara dan berkesempatan untuk berdialog secara langsung dengan Presiden Ir. Joko Widodo.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, Ir. Semuel Siriwa, M.Si mengungkapkan bahwa Pemprov Papua melalui Dinas TPH Papua menilai setiap petani memiliki kesempatan yang sama untuk berprestas dalam bidang usaha pertanian dalam arti luas menjadi petani yg sukses bahkan menjadi petani teladan.

“Usaha pertanian tersebut terdiri dari berbagai bidang seperti bidang tanaman pangan, hortikultura, peternakan, perkebunan, bidang perikanan darat dan berbagai bidang usaha pertanian lainnya,”ungkapnya.

Menyoal dengan potensi sumber daya pertanian Papua, Siriwa menuturkan bahwa sumber daya pertanian sangat besar, apalagi mata pencaharian masyarakat Papua umumnya di bidang pertanian.

“Maka sangat besar peluang untuk menjadi petani berprestasi sekaligus menjadi petani teladan, oleh karena itu harapan Pemprov mengharapkan kepada semua petani untuk memanfaatkan potensi pertanian dan mengembanngkan berbagai komoditas andalan pertanian Papua berdasarkan lima wilayah adat,”tuturnya.

Jika tahun ini, petani dari wilayah adat Tabi bisa menjadi petani teladan, pihaknya berharap pada tahun berikut, akan muncul petani dari wilayah adat lainnya untuk menjadi petani teladan tingkat nasional.

“Setiap petani harus diharapkan memiliki motivasi bahwa jika petani yang satu bisa maka petani lainnya pun bisa jadi teladan, oleh karena itu kami mengajak para petani di Papua untuk mengikuti jejak pak Karel Pattipeme,”pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY