JAYAPURA – Kapal milik PT. Pelayaran Indonesia (Pelni) akan digunakan sebagai hotel terapung selama Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua, Yusuf Yambe Yabdi kepada wartawan, Sabtu (26/08/2017).

Kadisrda Yusuf mengaku, pihaknya sudah melakukan rapat dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga dengan dihadiri Kementerian BUMN yang akan terlibat dalam pelaksanaan PON di Papua.

“Kita sudah melakukan harmonisasi dengan Kementerian BUMN. Dimana, Kapal Pelni akan kita gunakan untuk percepatan distribusi logistik, karena ada pembangunan lima venue yang dibiayi oleh APBN dan membutuhkan logistik yang cepat agar pembangunnya pun bisa selesai tepat waktu,”jelasnya.

Selain itu itu, kebijakan Kementerian BUMN untuk penggunaan Kapal Pelni sebagai akomodasi (hotel) terapung saat pelaksanaan PON di Papua.

“Untuk hotel terapung dengan kapal ini, sudah pernah dilakukan oleh Sumatera Selatan (Sumsel) saat menjadi tuan rumah Sea Games tahun 2011,”katanya.

Sementara itu, dari rapat tersebut, Kementerian PUPR juga sudah minta kepada kami untuk menyampaikan lokasi venue yang akan dibiayai oleh APBN diaman saja.

“Kalau untuk lokasi venue tidak ada masalah, sudah masuk dalam masterplan, jadi kita akan serahkan dan tinggal dibangun oleh pemerintah pusat,”pungkasnya. (lam/rm)

LEAVE A REPLY