JAYAPURA – Dinas Olahraga dan Pemuda Provinsi Papua mengadakan rapat persiapan menjelang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI 2017 di Semarang, Jawa Tengah mulai 12-21 September mendatang. Hadir dalam rapat tersebut Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi, Sekretaris Dinas Idris Salama, Kasubid Prestasi Disorda Isak Haurissa serta para pelatih dari masing-masing cabang olahraga.

Dari pantauan media ini, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi dalam rapat tersebut langsung mengecek kesiapan dari masing-masing cabang olahraga. Satu per satu cabor olahraga diminta melaporkan jumlah atletnya maupun persiapan yang sudah dilakukan. Mengingat, pekan olahraga pelajar ini merupakan cikal bakal atlet masa depan Papua di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

“Rapat kesiapan ini belum bicara soal target di POPNAS, ada saran dan usul yang disampaikan pelatih selama pemusatan latihan, inilah yang kita akan evaluasi,”jelas Yusuf, Sabtu (26/08/2017).

Menurutnya, di awal bulan September 2017, para pelatih sudah bisa paparkan target perolehan medalinya di POPNAS nanti.

Yusuf menjelaskan, untuk mensukseskan Pekan Olahraga Nasional (PON) di Papua, ada tiga pilar yang akan menyumbang atlet untuk Papua, yakni Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) yang dikoordinastor langsung oleh Dinas Pendidikan, Pekan Olahraga Mahasiswa, dan Kejurnas PPLP dan POPNAS dikendalikan langsug oleh Dinas Olahraga dan Pemuda Papua. Kemudian, atlet KONI Papua melalui cabang-cabang olahraga.

“Inilah yang menjadi sumber atlet Papua yang akan kita rekrut untuk proyeksi Papua di ajang PON 2020,”terangnya.

Sekedar diketahui, Provinsi Papua akan mengikuti sebanyak 18 dari 21 cabang olah raga (cabor) yang dipertandingkan pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) 2017.

18 cabor tersebut yakni Angkat Besi, Atletik, Bola Basket, Bola Voli Indoor, Bola Voli Pasir, Bulutangkis, Dayung, Gulat, Judo, Karate, Pencak Silat, Renang, Sepakbola, Tae Kwon Do, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Tinju dan Tarung Drajat.

Sementara jumlah kontingen Papua yang akan berangkat ke Popnas berjumlah 327 orang yang terdiri, atlet sebanyak 200 orang, sisanya pelatih dan official. Pelepasan kontingen POPNAS oleh Gubernur Papua direncanakan pada tanggal 4 September 2017 mendatang. (lam/rm)

LEAVE A REPLY