JAYAPURA – Sikap KONI Pusat yang mendukung sepenuhnya pelaksanaan PON XX Tahun 2020 di Papua mendapat sambutan positif DPR Papua. Dukungan tersebut dating dari Anggota Komisi IV DPR Papua yang membidangi infrastruktur, Thomas Sondegau.

“Seharusnya diimbangi dengan semangat dari seluruh stakeholder untuk bekerja keras mewujudkan Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020,”bebernya.

Ia mengatakan, dengan dukungan tersebut maka semua pihak harus memacu semangat untuk pembangunan berbagai venue cabang olahraga yang akan dipertandingkan dalam PON XX tahun 2020.

“Kita sudah dapat dukungan, jadi mari kita bekerja keras untuk bangun infrastruktur, sehingga tahun 2018 betul-betul nampak pembangunannya. Itu bukti keseriusan Papua untuk menjadi tuan rumah PON XX,”jelasnya.

Diungkapkannya, untuk pembangunan stadion utama PON XX di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura harus selesai tahun 2018, termasuk GOR-GOR lainnya yang tersebar di beberapa kabupaten/kota yang ada di wilayah Papua agar diperbaiki untuk digunakan dalam PON XX tahun 2020.

“Selain itu, kita juga tidak bisa tinggal diam, harus benar-benar tersebut siap untuk menjadi tuan rumah PON XX tahun 2020,”imbuhnya.

Terkait pertemuan Ketua Harian KONI Papua, Klemen Tinal bersama pengurus KONI Pusat, Thomas Sondegau mengakui jika ia ikut dalam pertemuan itu sebagai salah seorang pengurus KONI Papua. Ia mengaku, pada intinya KONI Papua melaporkan kesiapan PON XX tahun 2020 di Papua, termasuk Musda KONI Papua. Ia juga berharap semua komponen di Papua untuk mendukung persiapan dan pelaksanaan PON XX tahun 2020 di Papua.

“Jika akhir-akhir ini, orang Papua ada yang pesimis jika PON XX tahun 2020 bisa digelar di Papua, bahkan orang Papua menanyakan hal itu. Saatnya, harus optimis. Apalagi, KONI Pusat menegaskan tetap mendukung Papua sebagai tuan rumah PON XX tahun 2020,”terangnya.

Dalam pertemuan itu, lanjut Thomas Sondegau, KONI Pusat memang menanyakan kesiapannya.

“Kami sudah laporkan bahwa Papua siap, diantaranya salah satunya venue PON Kabupaten Mimika sudah siap. Selain itu, termasuk di Kabupaten Jayapura yang sudah mulai dibangun stadion utamanya, termasuk kota dan kabupaten lainnya yang tengah berjalan,”pungkasnya. (tis/rm)

LEAVE A REPLY