JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua tetap berkomitmen untuk mengelola potensi budaya, terutama mempromosikan budaya Papua ke tingkat nasional. Hal ini tercermin dalam Pesta Budaya Papua XV tahun 2017 yang diselenggarakan di Taman Budaya Papua, Expo Waena, Selasa (29/8/2017).

Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH mengungkapkan, Papua terdiri dari keberagaman suku dan memiliki potensi alam yang begitu kaya, kekayaan alam tersebut meliputi sektor pertambangan, kelautan, perikanan, perkebunan dan memiliki pula aneka ragam kebudayaan yang unik.

“Kondisi mendorong kita untuk segera melakukan terobosan-terobosan untuk mengelola kekayaan. Itu semata-mata demi meningkatkan taraf hidup masyarakat kita di Papua ini,”ungkapnya dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Bidang Kesejahteraan Sosial dan SDM, Johana Rumbiak, SE, MM saat membuka secara resmi Pesta Budaya Papua XV tahun 2017.

Menurutnya, Pemprov Papua saat ini mengedepankan sebuah kebijakan strategis sebagai langka terobosan mengelola potensi kekayaan itu sebagaimana tercermin dalam visi nyata, Papua Bangkit, Mandiri dan Sejahtera. Sehubungan dengan hal tersebut, maka pembangunan di bidang kebudayaan harus memiliki peran yang besar dalam memperkokoh ketahanan budaya, identitas dan pembangunan karakter bangsa yang berbudaya dan bermartabat serta melaksanakan kegiatan yang mendukung program keragaman budaya Papua.

“Itulah sebbnhya budaya menjadi penting, dengan demikian saya tegaskan bahwa kita akan melakukan upaya penggalian, pembinaan, pengembangan dan perlindungan nilai-nilai budaya kita melalui kegiatan-kegiatan yang tentunya terprogram dan tertata dengan baik, searah dengan langka kebijakan pemerintah,”tuturnya.

Pesta budaya tahun ini yang mengambil tema kebudayaan daerah adalah kekayaan bangsa, diharapkan meningkatkan harkat, martabat dan identitas orang Papua.

“Kedepan kita akan terus kelola potensi kekayaan budaya kita secara profesional dan berkelanjutan sebagai wujud dari pengakuan kita bahwa kita terlahir dari rahim budaya Papua dan komitmen kita adalah terus memberi porsi terhormat terhadap kebudayaan kita,”tandasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY