JAYAPURA – Sampai saat ini penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2017 untuk Provinsi Papua belum dapat ditetapkan, pasalnya masih ada 17 kabupaten sampai saat ini belum mengusulkan revisi perbaikan tahun 2014 yang tertunda.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Papua, Nicholaus Wenda mengungkapkan, hal ini yang menghambat Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi menetapkan jadwal tes CPNS untuk Papua.

“Untuk Papua Barat dan Kalimantan Utara sudah berjalan. Sementara kita di Papua masih menunggu,”ungkapnya.

Untuk mempercepat pengusulan perbaikan 17 kabupaten tersebut, BKD Papua akan memanggil Kepala BKD kabupaten yang bersangkutan agar secepatnya melakukan revisi.

“Minggu depan kami akan panggil untuk memperbaiki berkas pengusulan kuota. Agar KemenPAN dan RB secepatnya menetapkan jadwal pelaksanaan tes CPNS di Papua,”jelasnya.

Disinggung mengenai kuota untuk Provinsi Papua, Wenda mengaku, khusus untuk Provinsi Papua mendapatkan kuota 173 orang diluar kabupaten dan kota. Namun untuk kabupaten dan kota kuotanya akan lebih banyak sehingga ini yang akan diusulkan ke Pusat.

Dijelaskannya, penerimaan CPNS ini dilakukan karena pada tahun 2014 yang tertunda karena adanya MoU, Men-PAN dan RB telah memberikan peluang kepada Papua, Papua Barat dan Kalimantana Utara.

“Hal ini sesuai hasil pertemuan dengan MenPAN dan RB pada tanggal 7 bulan Agustus lalu, namun ada beberapa syarat yang harus dilengkapi yakni memperbaiki usulan-usulan yang pernah diusulkan pada tahun 2014 lalu,”tandasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY