JAYAPURA – Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provinsi Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Papua mampu dan siap menjadi tuan rumah PON XX Tahun 2020.

“Hilangkan semua perasaan pesimisme. Hilangan semua pikiran yang negatif tentang PON di Papua, karena kita mampu dan siap menjadi tuan rumah PON. Kita harus optimis kita juga bisa,”tegas Loupatty saat memberikan sambutan mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH pada puncak Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke 34 Tahun 2017 di Stadion Bas Youwe, Sabtu (9/9/2017).

Melalui momentum Haornas ini, Elia menyerukan kepada seluruh rakyat di tanah Papua, para pelaku olahraga, mantan-mantan atlit, tokoh masyarakat, tokoh adat, agama, pemuda dan perempuan serta seluruh stakeholder untuk maril satukan langkah untuk bersama-sama kita menyuseskan PON XX tahun 2020 di Tanah Papua.

“Hari ini kita semua berkumpul dalam sebuah semangat olahraga yang mempersatukan kita, saya harap ada sebuah tekad dan semangat baru yang terlahir sebagai bagian dari sebuah upaya besar kita bersama untuk sukses PON nanti,”ujarnya.

Selain itu, kata Loupatty, yang menjadi pekerjaan rumah bagi semua adalah bagaimana mensukseskan dalam prestasi nanti ketika PON dilaksanakan. Sukses prestasi tidak akan dipikirkan oleh orang lain tapi oleh kita sendiri, sehingga saya mengajak kita semua untuk perpikir bersama bagaimana kita sukses dalam prestasi.

“Dengan Tema Haornas tahun 2017 “Olahraga Menyatukan kita” melalui tema ini, semua bersama bisa mewujudkan Papua Bangkit Mandiri dan Sejahtera menuju sukses PON XX Tahun 2020 di Tanah Papua,”ujarnya.

Puncak Haornas di Provinsi Papua yang dipusatkan di Stadion Bas Youwe, Kabupaten Jayapura, Panitia Haornas juga melaksakan lomba lari 100 meter putra, 200 meter putra dan 4 x 100 meter putra serta lomba tradisonal Terompah.

Sementara itu, Ketua Panitia, Yaan Yoku dalam laporannya mengatakan, dalam rangka mensukseskan Hari Olahraga Nasional di Papua, panitia bekerja sama dengan Osis dan tiga sekolah di Kabupaten Jayapura melaksanakan kejuaraan catur antar pelajar SD dan SMA serta lomba goyang Aster untuk pelajar SMA.

Selain itu, panitia juga melaksanakan jalan sehat berhadia, donor darah dan kegiatan lainnya. Ia menambahkan, ditetapkannya Kabupaten Jayapura sebagai tuan rumah Haornas 2017, karena kabupaten yang dijuluki Bumi Khenambay Umbay merupakan salah satu cluster peyelenggaraan PON XX Tahun 2020 di Papua.

Diakhir acara, Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua Elia Loupatty, Wakil Ketua Koni Pusat, Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, Yusuf Yambe Yabdi, Sekda Kabupaten Jayapura, Wakil Kajati Papua dan Forkompinda Provinsi dan Kabupaten Jayapura goyang Aster bersama-sama dengan ratusan anak-anak sekolah SMP dan SMA maupun masyarakat umum yang hadir pada kegiatan Haornas tersebut. (lam/rm)

LEAVE A REPLY