JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua mengajak semua pihak harus mensukseskan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 termasuk salah satunya reporter maupun presenter yang selalu mensosialisasikan pelaksanaan PON tahun 2020.

Hal ini ditegaskan Gubernur Papua, Lukas Enembe, SIP, MH dalam sambutan yang dibacakan oleh Staf Ahli Gubernur Papua Bidang Kesra dan SDM, Johana AO Rumbiak, SE, MM ketika membuka acara pelatihan reporter dan presenter menuju PON XX tahun 2020 di Aula LPP RRI Jayapura, Rabu (13/8/2017).

“Pemprov mengapresiasi tumbuh kembangnya berbagai industri penyiaran di Papua baik jasa penyiaran televisi maupun radio dalam membantu proses percepatan pembangunan Papua ke arah perubahan yang lebih baik,”ungkapnya.

Dikatakan, perlu ada keseimbangan antara kuantitas pertumbuhan media dengan peningkatan kualitas mutu atau sumber daya manusia yang menjadi pengelolanya.

”Wartawan atau jurnalis memang perlu secara berkelanjutan dan terencana dibekali dengan berbagai pengetahuan agar memiliki kemampuan atau kecakapan dalam menulis naskah, membuat reportase, narasi dan semua informasi lainnya yang bermutu, kredibel serta bertangungjawab,”katanya.

Gubernur mengakui bahwa media memegang peranan penting dan signifikan, karena mampu mempengaruhi opini. Oleh sebab itu, sangat diperlukan kemampuan SDM yang mumpuni di lingkup media, komunikasi dan informasi benar dan akurat yang disampaikan tentu akan memberikan dampak positif, sebaliknya informasi yang salah dan atau keliru akan memberikan dampak negatif dimata masyarakat.

Gubernur melanjutkan, dengan ditetapkan Papua sebagai tuan rumah PON tahun 2020, tentu diharapkan dukungan dari semua pihak untuk mensukseskan termasuk lembaga penyiaran, lembaga penyiaran diharapkan memainkan peran penting dengan memberikan informasi yang tepat, bermutu, profesional dan dapat dipertanggungjawabkan.

“Sebab, kualitas reporter maupun presenter sangat penting, dengan kemampuan yang baik, semua momen-momen penting dalam ivent nasional tersebut dapat terakses keluar secara baik,”lanjut Gubernur.

Sementara itu, Direktur Utama LPP RRI, Mohammad Rohanudin mengapresiasi kegiatan pelatihan reporter dan presenter menuju PON 2020, apalagi keberadaan RRI yang telah mengudara selama 72 tahun yang telah menjadi teman setia masyarakat Indonesia.

”Ini penting kalo berita tentang PON saya pikir berita disini bisa di dengar di seluruh Indonesia, kita juga punya program RRI Play yang bisa diakses di internet juga,”pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY