JAYAPURA – Pemerintah Provinsi Papua mengharapkan kedepan seluruh kabupaten di Papua mempunyai Polisi Resor (Polres) dan Komando Daerah Militer (Kodim). Pasalnya sampai saat ini masih ada Polres dan Kodim membawahi beberapa kabupaten.

Hal ini diungkapkan, Sekda Papua, TEA. Hery Dosinaen, S.IP, MKP dalam arahannya pada pembekalan Bhabinkamtibas dan Babinsa dalam mengawal dana desa di Provinsi Papua di Sasana Krida kantor Gubernur, Rabu (13/9/2017).

“Kondisi dilapangan, banyak kabupaten dan kota belum mempunyai Polres dan Dandim. Dimana ada beberapa Polres membawahi beberdapa kabupaten dan ada Dandim yang membawahi beberapa kabupaten juga. Ini perjuangan kita belum selesai, kita harapkan kedepan semua kabupaten harus mempunyai Polres dan Kodim,”harapnya.

Selain itu, kata Sekda masih ada Dandramil dan Kapolsek pembekalan Bhabinkamtibas dan Babinsa dalam mengawal dana desa juga harus membawahi beberapa distrik. Hal ini tantangan yang dihadapi, serta terlepas dari kondisi sosial masyarakat yang mempunyai tingkat ketergantungan terhadap pemimpin sangat luar biasa.

“Saya yakin para Kapolres dan Dandim pernah dimintai uang oleh masyarakat untuk biaya denda, inilah kondisi objektif yang dihadapi di lapangan,”ungkapnya.

Selain itu, Sekda menegaskan kabupaten yang mempunyai pasukan Bawah Kendali Operasi (BKO) yang tentunya harus berkoordinasi erat dengan Pasukan organik.

“Saya ingatkan para Kapolsek, Danramil, Kapolres dan Koramil, kalian yang mempunyai wilayah teritorial. Kalian yang mempunyai kewenangan penuh untuk mengatur masyarakat disana,”tegasnya. “Untuk itu jangan melihat dari aspek kepangkatan, tetapi harus dilihat dari aspek teritorial kalian yang mempunyai tugas untuk mengawal masyarakat disana (kabupaten-red,”lanjutnya.

Untuk itu, Sekda meminta kepada Kapolsek dan Dandramil agar melalukan koordinasi dengan baik terhadap semua pimpinan baik bupati, Kapolres, Dandim dan terbreakdown pada Kapolsek dan Danramil tinggalkan ego sentris lokal yang melekat pada masing-masing kesatuan.

“Tetapi hari ini (kemarin-red) kita hadir diini menunjukkan bahwa dalam Kepemimpinan Kapolda dan Pangdam Papua tetap bersatu. Semua harus bersatu,”pungkasnya. (ing/rm)

LEAVE A REPLY