JAYAPURA – Kepala BPS, Dr. Suhariyanto mengharapkan terselenggaranya forum Konsultasi Regional (Konreg) PDRB Se-Sulawesi, Maluku dan Papua mampu memberi gambaran fokus membangunan di Kawasan Timur Indonesia.

“Ini merupakan suatau forum yang penting karena mempunyai tujuan untuk mendiskusikan ke wilayaan serta keterpaduan antara pembangunan nasional dan daerah,”ungkapnya Rapat Forum Konsultasi Regional PDRB se- Sulawasi, Maluku dan Papua (SULAMPUA) di Sasana Krida  kantor Gubernur, Selasa (19/9/2017).

Menurutnya, selain itu salah satu tujuan terselenggaranya kegiatan adanya untuk menyambungkan benang merah antara pusat dan daerah. Dengan kata lain apa yang dilakukan tentunya sesuai dengan pembangunan  dari pusat.

“Dengan tujuan agar program pembangunan di daerah menjadi sinkron dengan pusat,”jelasnya.

Didalam pertemuan ini, kata Suhariyanto dapat menjadi sarana pertukaran antara provinsi yang tergabung dalam Sulampua, dimana setiap provinsi mempunyai tantangan masing-masing.

“Tetapi dari masing-masing provinsi dapat memetik pelajaran yang berharga, mana yang diterapkan provinsi lain sekaligus mempelajari kelemahan yang ada supaya itu tidak terjadi pada provinsi Papua lain,”katanya.

Ia menjelaskan, pertemuan ini untuk menyusun kesepakatan bersama untuk membangun kebijakan sosial dan ekonomi di wilayah SULAMPUA serta untuk merekam isu sosial dan ekonomi yang saat ini hangat dibicarakan serta menjaring berbagai informasi baik skala regional maupun internasional.

“Hasil konsultasi PDRB ini akan berguna sebagai masukan kepada pemerintah daerah dalam rangka menentukan kebijakan dan perencanaan pembangunan sosial dan ekonomi,”terangnya.

Salah satu hal yang menjadi apresiasi untuk wilayah SULAMPUA adalah adanya peningkatan perekonomian yang telah mengalami peningkatan cukup baik, dimana pada semester pertama  mencapai 5,78 persen meningkatkan menjadi 5,7 persen pada semester pertama 2017.

“Hal ini karena adanya berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah yang memberi perhatian serius terhadap perekonomian,”tandasnya. (Ing/rm)

LEAVE A REPLY