JAYAPURA-Pembangunan fisik Ring Road yang menghubungkan Hamadi–Vihara sampai saat ini telah mencapai 30 persen dan ditargetkan tahun 2018 rampung pengerjaannya. Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, Djuli Mambaya mengaku, untuk menuntaskan pembangunan jalan tersebut tahun ini Pemerintah Provinsi Papua (Pemprov) menganggarkan Rp87 miliar yang bersumber dari APBD induk.

“Kelanjutan pembangunan ring road ini semua bersumber dari APBD Papua, sebab pemerintah pusat telah menarik anggarannya dari APBN sejak tahun 2016 lalu sehingga tanggungjawab itu kami Pemprov mengambil alih,” terangnya.

Dijelaskannya, ruas jalan Ring Road Jayapura yang menghubungkan Hamadi–Vihara dan masih tersisa 300 meter dan diharapkan tahun depan sudah selesai.“Untuk mengejar target tersebut pembangunan jalan tersebut dikerjakan siang malam dan diawasi oleh konsultan dan PPATK, termasuk saya pun selalu mengontrol,”jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Djuli Mambaya meminta pers untuk ambil bagian mengontrol pembangunan insfrastruktur yang ditangani Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Pemprov Papua.“Saya juga berharap teman-teman pers dapat mengontrol, kami berharap jadi kontrol pembangunan, bagi proyek saya tidak ada larangan demi transparansi pembangunan,” kata Djuli Mambaya yang akrab disapa DJM.

Lanjut DJM, dengan adanya kontrol dari pers terhadap prose pembangunan maka akan membantu tugas PU dan pasti akan lebih ringan. Sehingga pihak ketiga juga dapat bekerja dengan benar.

“Jika ada temuan dilapangan dapat dilaporkan kepada kami, namun selama ini semua pekerjaan yang kami kerjakan semua berjalan baik,”tegasnya.

Untuk menuntaskan seluruh pembangunan ring road tersebut ujar Djuli Mambaya yang mendapat julukan Sang Petarung, pembangunannya masih membutuhkan anggaran sekitar Rp130 miliar lebih.

“Pembangunan jalan ring road sepanjang 3,5 km telah dimulai sejak tahun 2010 lalu, dimana dana yang dialokasikan bersumber dari APBN dan APBD, dengan perkiraan kebutuhan dana sekitar Rp936 miliar dengan tahun jamak,”pungkasnya.(ing/jg)

LEAVE A REPLY