SENTANI-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura belum mendapat isyarat siapa nama yang akan menjadi Penjabat (Pj) Bupati Jayapura. Masa jabatan Bupati Jayapura, Mathius Awoitauw, SE, M.Si, yang berakhir pada tanggal 6 Oktober 2017 (hari ini).

Mathius Awoitauw, SE, M.Si, selaku Bupati Jayapura mengatakan sejauh ini pihaknya belum menerima informasi terkait sosok yang akan menjadi Pj Bupati Jayapura.

“Sementara ini belum ada. Yang jelas itu, kita sudah ajukan dua minggu yang lalu ke gubernur, bahwa pemberitahuan masa jabatan ini akan berakhir pada tanggal 5 Oktober, karena pelantikannya kan pada tanggal 6 Oktober. Artinya, hari ini (kemarin-red) adalah hari terakhir masa jabatan bupati Jayapura,”kata Bupati Mathius, di ruang kerjanya, Kamis (5/17).

Meski di Kabupaten Jayapura bayak pejabat eselon dua (II), namun pihaknya tidak bisa memastikan apakah Pj Bupati Jayapura nantinya akan diambil dari orang Kabupaten Jayapura atau tidak.

“Kalau memang belum ada, itu berarti pak Sekda bisa menjalankan dulu tugas sehari-hari sebagai Bupati Jayapura sambil menunggu keputusan itu. Karena biasanya kalau Bupati keluar (daerah), kan biasanya Wakil Bupati atau Sekda sudah otomatis menjalankan tugas Bupati,” imbuhnya.

“Ya, sebagai tugas sehari-hari maka pemerintahan ini harus jalan. Sehingga pejabat yang berwenang, kalau Bupati tidak ada itu pasti akan melaksanakan tugas sehari-hari sebagai Bupati,”tambah Mathius.(lam/jg)

LEAVE A REPLY