JAYAPURA-Gubernur Papua Lukas Enembe dengan tegas menyatakan sukses penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasioal (PON) XX tahun 2020 di Papua jadi fokus pemerintah selain mengejar target meraih juara umum.

“Meskipun Papua tidak menjadi juara umum, tetapi bagaimana pelaksanaan PON di Papua dapat berjalan sukses,”kata Gubernur dihadapan tamu undangan yang menghadiri pelantikan Bupati Tolikara dan Kepulauan Yapen, Senin (16/10/2017) di Jayapura.

Oleh karena itu, Gubernur minta kepada Bupati Yapen dan Tolikara untuk segera menyiapkan atlit bagi kontingen Papua pada PON XX nanti.“Kita harus siapkan atlit di semua bidang olahraga, tugas Bupati membantu Pemerintah Provinsi dalam menyiapkan atlit tersebut,”ujarnya.

Sementara itu, Bupati Kepulauan Yapen Tony Tesar mengatakan, Kabupaten Yapen dalam setiap PON selalu menyumbang atlit untuk kontingen Papua. Serui selama ini dikenal sebagai gudang atlit pelari-pelari jarak pendek, namun dalam beberapa tahun terakhir ini atau sudah dua kali PON, Papua tidak pernah lagi meraih medali emas di nomor lari.

Oleh karena, tugas Pemerintah Daerah kedepan bagimana membantu KONI Papua maupun Pemerintah dalam menyiapkan atlit-atlit terbaik untuk mengharumkan Papua di PON nantinya.

“Ini tugas saya sebagai Bupati untuk segera menyiapkan atlit di Serui, khusunya untuk atletik, kita punya stadion atletik terbaik di Papua yang akan kita gunakan untuk melakukan seleksi atlet pada kejuaraan atletik di wilayah Saireri,”ujar Tony Tesar.(lam/jg)

LEAVE A REPLY