JAYAPURA-Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua memaparkan progres program dan kegiatan yang telah dilaksanakan oleh masing-masing OPD. Tak hanya itu pimpinan OPD juga diminta untuk konsen meningkatkan serapan anggaran.

Dalam rapat evaluasi dan pengendalian Program APBD tahun 2017 yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pemerintahan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua ini, berjalan dengan alot dan dipimpin oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH, bersama Asisten Bidang Perekonomian dan Kesra Provinsi Papua, Drs.Elia I Loupatty,MM, Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri,SE.MM, Kepala Bappeda Provinsi Papua, Dr Muhammad Musa’ad,M.Si, dan pimpinan OPD di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua, Senin (17/10/2017).

Gubernur Papua, Lukas Enembe, mengharapkan kepada pimpinan OPD untuk konsisten dalam melaksanakan melaksanakan program dan kegiatan APBD tahun 2017.”Jadi saya minta kepada pimpinan OPD untuk melaporkan masing-masing kegiatan di OPD yang sudah berjalan, dan apa yang menjadi kendala-kendala sehingga kita mencari jalan keluar, karena penyerapan anggaran masih minim,”ungkapnya.

Menurut Gubernur, dalam pertemuan tersebut pihaknya mendengar penjelasan dari hasil program dan kegiatan, dimana hingga kini penyerapan anggaran baru 47 persen, mudah-mudahan dalam 2 bulan efektif ini kita bisa mencapai 70 persen.
“Minim penyerapan ini disebabkan oleh proses tender dan lelang yang lama dikarenakan oleh beberapa OPD baru yang baru dilantik, dimana harus ada peraturan daerah yang mengakomodir itu,”imbuhnya.

Lanjut Gubernur, saat ini seluruh proses tender dan lelang, harus melalui Biro Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Provinsi Papua.“Jadi memang untuk lelang dan tender ini melalui ULP (Biro Layanan Pengadaan Barang) dan pokja-pokja. ULP ini bekerja secara independen, dan untuk memaksimalkan kerja program, mulai tahun depan untuk masing-masing Pokja akan diisi oleh masing-masing staf dari setiap OPD, sehingga orang yang kita taruh disitu, itu memahami tu proses kerja pelelangan,”lanjutnya.

Ditambahkan, pada kesempatan tersebut, Gubernur tetap mendorong peningkatan daya serap di masing-masing OPD.“Kita mempercepat daya serap, dimana kita membayar sesuai dengan realisasi fisik pekerjaan, kita tidak membayar saja tanpa ada realisasi fisik dari pekerjaan,”tambahnya.(ama/jg)

LEAVE A REPLY