ASMAT-Kunjungan kerja (Kunker) yang dilakukan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP,MH belum lama ini di Distrik Yani Ruma, Kabupaten Boven Digoel dalam rangka bertemu langsung dengan masyarakat Suku Korowai ternyata menjadi catatan penting untuk Gubernur Papua.

Gubernur melihat secara langsung bahwa pemerintahan ditingkat distrik dan kampung sama sekali belum berjalan dengan baik. Bahkan Gubernur menemukan bahwa sejumlah kepala kampung yang berada di Distrik Yani Ruma yang mendiami Suku Korowai sama sekali belum dilantik hingga saat ini.

Menyikapi hal itu, maka Gubernur bakal mengumpulkan 5 Bupati yang berada di sekitar Distrik Yani Ruma untuk membahas keberadaan Suku Korowai sehingga jelas pemerintahannya.Sebab, keberadaan Suku Korowai sangat besar dan berada di beberapa kabupaten yang saling berdekatan dan berbatasan langsung.

Kelima Bupati tersebut yakni, Bupati Boven Digoel, Bupati Yahukimo, Bupati Pegunungan Bintang, Bupati Asmat dan Bupati Mappi.”Kewenangan ini ada pada 5 kabupaten sehingga saya akan memanggil 5 Bupati itu untuk membahas masalah Korowai. Suku Korowai sangat besar dan wilayahnya luas sehingga harus ada solusi untuk siapa yang nantinya membangun Puskesmas, membangun sekolah,”jelasnya, disela-sela melihat Festival Budaya Asmat, Rabu (25/10/2017).(rm/jg)

 

LEAVE A REPLY