MERAUKE-Indonesia kini memasuki era tantangan, persaingan ekonomi, tekanan sosial budaya global sehingga pemuda pemudi dituntut  semakin tangguh menghadapi kemajuan jaman. Pemuda Indonesia juga diminta untuk mempersiapkan diri, membekali diri untuk kemajuan diri sendiri, keluarga, bangsa dan negara guna tercipta negara yang sejahtera, adil dan makmur.

“Marilah pemuda pemudi Indonesia dengan semangat dan api ikrar sumpah pemuda membangun jiwa dan badannya untuk mengambil peran dan tanggung jawab, membangun kemajuan Indonesia yang bersatu,”ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan RI, Puan Maharani saat upacara sumpah pemuda ke-89 dan Puncak Ekspedisi NKRI Papua Selatan Tahun 2017 di Lapangan Pemda, Sabtu (28/10/2017).

Dikatakan, acara puncak ekspedisi Papua Selatan telah menjangkau dan menyapa masyarakat yang ada di Kabupaten Merauke, Mappi, Boven Digoel dan Asmat. Serta Tual, Maluku Tenggara, Muna dan Kepulauan Aru untuk bersama bergotong royong  guna memperkuat bangsaan Indonesia.

“Mengapresiasi Panglima TNI, Kapolri, Kepala Staf Angkatan, Komandan Jenderal Kopasus dan semua lembaga terkait, pemerintah daerah, BUMN, tokoh masyarakat, media dan semua yang telah mendukung kegiatan ekspedisi NKRI Tahun 2017,”ungkapnya.

Bupati Merauke, Frederikus Gebze, SE, M.Si mengatakan memperingati hari sumpah pemuda merupakan suatu peristiwa pemuda pemudi Indonesia untuk mencita-citakan dan menjadikan satu bangsa dan negara Indonesia, yang bertanah air Indonesia dan berbahasa Indonesia. “Saya selaku Bupati Merauke mengucapkan selamat datang di Bumi Anim Ha Kota Rusa Merauke kepada ibu menteri yang telah berkunjung ke daerah kami,”terangnya.

Sementara itu, hadir pula dua Menteri Republik Indonesia yaitu Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI,  Yohana Yembise dan Menteri Kesehatan RI Prof. dr. Nila Moeloek beserta rombongan. Diakhir pelaksanaan upacara tersebut diisi dengan drama kolosal, pertunjukan kinerja ekspedisi NKRI tahun 2017, bela diri militer dan pameran pembangunan Ekspedisi NKRI 2017.(lam/jg)

LEAVE A REPLY