JAYAPURA-Pemerintah Provinsi Papua melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana Papua (DPPPA dan KB) intens melakukan kegiatan maupun advokasi bagi perempuan-perempuan Papua dengan harapan perempuan Papua harus mampu bersaing baik di legislatif maupun eksekutif.

“Memang di era kepemimpinan Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP,MH dan Klemen Tinal,SE,M.Si, kami sudah melakukan berbagai terobosan dengan harapan mampu membangkitkan semangat bagi perempuan-perempuan Papua untuk bisa bersaing baik di legislatif maupun eksekutif,”ungkap Kepala DPPPA dan KB Papua, Anike Rawar ketika ditemui di Jayapura, pekan kemarin.

Menurutnya, pihaknya tentu menyambut baik jika ada perempuan-perempuan Papua yang mau ikut berpartisipasi dalam penyelenggaraan pilkada serentak tahun 2018 maupun dalam pemilihan legislatif tahun 2019 mendatang.

“Kedua momen ini penting untuk bagaimana, perempuan Papua bisa memastikan bahwa sebagai warga negara yang baik dan undang-undang sudah memberikan mereka kesempatan agar bisa bertarung dalam pilkada serentak maupun pileg nanti,”imbuh Rawar.

Dikatakan,  dalam program dan kegiatan OPD yang dipimpinnya, pihaknya secara intens, melakukan pelatihan, sosialisasi hingga advokasi, dengan tujuan agar perempuan-perempuan  Papua ini mempunyai semangat untuk bersaing baik di legislatif maupun eksekutif.

“Mereka harus mempunyai jiwa bersaing, kalau tidak maka kita tidak bisa bersaing dengan saudara-saudara kita dari daerah lain, saya mengharapkan agar dengan berbagai kegiatan yang telah kita lakukan dapat memotivasi mereka,”bebernya.

Sebelumnya, Asisten Bidang Perekonomian dan Sekda Papua, Drs Elia Loupatty,MM menyebutkan bahwa perempuan Papua tidak kalah bersaing dalam berbagai bidang, tetapi secara intens harus mempersiapkan diri dengan baik.(ama/jg)

LEAVE A REPLY