JAYAPURA-Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP.MH, dan jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua, merasa kehilangan dengan meninggalnya Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Papua, Ir.Bangun Manurung,M.Plan, pada Senin (6/11/2017) di Jakarta.

Dihadapan warga jemaat GBI Dok IV Center, Entrop tempat almarhum melayani sebagai seorang gembala, dalam acara pemakaman almarhum Bangun Manurung, Gubernur Lukas Enembe mengungkapkan bahwa almarhum merupakan sosok yang visioner.

“Kepergian beliau merupakan kehilangan mendalam bagi kami pemerintah dan masyarakat Papua, beliau merupakan sosok visioner yang dalam hidupnya tidak hanya mengabdi bagi pemerintah tetapi juga mengabdi bagi pekerjaan Tuhan,”ungkapnya dengan nada sedih ketika memberikan sambutan pada ibadah pemakaman Almarhum Bangun Manurung di GBI Dock 4 Center Jayapura, Jumat (10/11/2017).

Lukas menjelaskan bahwa sosok almarhum sendiri merupakan sosok yang luar biasa dalam mengemban tugas.”Beliau ini sudah bekerja bersama-sama dengan saya pada sejak tahun 2007, saat kami di Puncak Jaya.  Pada satu waktu beliau bilang saya, pak bupati saya mohon ijin, saya mau cek pembangunan gereja di Jayapura, dan saya sampaikan silakan pak Bangun, luar biasa bapak ditengah kesibukan masih sempatkan waktu buat Tuhan,”jelasnya.

Dirinya menyebutkan almarhum merupakan sosok yang tidak pernah lupa akan pekerjaan melayani Tuhan.”Kita semua tentu bangga beliau membangun serta melayani di tempat ini,”sebutnya.

Dalam perjalanan, setelah menjadi Gubernur pada 2013 silam, Lukas kemudian mengajak almarhum untuk membantunya di Pemprov Papua.”Beliau saya taruh di Staf Ahli ketika itu, meskipun sudah di provinsi, beliau tetap konsisten dengan pelayanan di gereja,”bebernya.

Almarhum kemudian, dilantik sebagai Kepala Dinas ESDM Provinsi Papua, dan yang menjadi kebangaan bagi Lukas Enembe sendiri adalah ditengah kesibukan yang luar biasa, pelayanan sebagai hamba Tuhan tetap dijalani oleh almarhum ini akhir hayatnya.

“Ini luar biasa bagi pemerintah prrovinsi, terima kasih pak Bangun Manurung, anda sudah mengabdikan hidupmu untuk negeri dan tanah tercinta, Tuhan pasti membalas semua jerih payahmu,”tuturnya.

Dirinya mengharapkan agar istri dan anak-anak dari almarhum dapat melanjutkan apa yang menjadi menjadi visi dari almarhum dalam pelayanan di GBI Dok 4 Center, Entrop Jayapura. (ama/jg)

LEAVE A REPLY