JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH mengharapkan, Tim Pengerak PKK dapat memberdayakan masyarakat melalui pembimbingan pemberdayaan masyarakat (DAMAS) di Papua.

Demikian penegasan Gubernur Papua dalam sambutannya yang dibacakan Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dan SDM Provinsi Papua, Johana AO Rumbiak,SE,MM disela-sela pembukaan pelatihan pembimbing (DAMAS) TP PKK Provinsi Papua tahun 2017 di Hotel Horizon Jayapura, Rabu (22/11/2017).

Dikatakan, Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan (Gerakan PKK) merupakan gerakan nasional dalam pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dimana pengelolaannya  dari, oleh dan untuk masyarakat menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat, sejahtera, lahir dan batin.

“Pembinaan pemberdayaaan masyarakat melalui pelatihan ini diharapkan masyarakat dapat terlibat secara langsung dalam seluruh proses pembangunan sejak dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi kegiatan serta pengembangan hasil-hasil pembangunan dalam proses yang berkesinambungan,”katanya.

Diharapkan pelatihan DAMAS PKK ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan TP PKK dan kader-kadernya, karena TP PKK adalah mitra kerja pemerintah yang berfungsi sebagai penyuluh, motivator dan penggerak masyarakat agar mau dan mampu melaksanakan program TP PKK dan juga melaksanakan fungsi sebagai fasilitator dan lainnya.

“Melalui pelatihan DAMAS PKK  ini diharapkan dapat ditemukan kader-kader pemberdayaan masyarakat terbaik dan berprestasi untuk dapat melakukan gerakan PKK di berbagai tingkatan wilayah kerja masing-masing dan nantinya dapat mewakili Provinsi Papua dalam mengikuti jambore tingkat nasional yang akan datang,”tuturnya.

Ditambahkan, Pemprov juga mengharapkan pelatihan pemberdayaan masyarakat ini guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, yang pada akhirnya dapat meningkatkan kesejahteraan keluarga, sumber daya manusia yang berkualitas dan maju dalam berbagai bidang sangat dibutuhkan. (ama/rm)

LEAVE A REPLY