JAYAPURA – Kementerian Pekerjaan Umum menetapkan Kota Jayapura sebagai pilot project kawasan untuk pembangunan Tempat Pengelolaan Sampah Reduce Reuse Recycle (TPS 3R) berbasis masyarakat.

Hal ini diungkapkan, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Papua, Djuli Mambaya dalam sambutannya pada penanganan sampah dan penghijauan di Tanjung Ria Dok IX, Kota Jayapura, Senin (27/11/2017) yang dihadiri oleh Direktur Penatagunaan Sumber Daya Air Kementerian PUPR RI, Dr.Agus Suprapto K.

“Pembangunan TPS 3R berbasis masyarakat merupakan pola pendekatan pengelolaan persampahan dengan melibatkan peran aktif dan pemberdayaan kapasitas masyarakat termasuk untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” terangnya.

Dijelaskannya, pendekatan ditekankan kepada metoda pengurangan sampah yang lebih aktif dan ramah lingkungan. Dimana pengurangan dengan metoda 3R  berbasis 3R masyarakat lebih menekankan kepada cara pengurangan pemanfaatan dan pengelolaan sejak dari sumbernya (rumah tangga, area komersil dan perkantoran).

“Untuk mewujudkan hal tersebut dibutuhkan kesadaran dan peran aktif masyarakat dengan membuat lubang-lubang sampah organik,” terangnya.

Djuli Mambaya berharap melalui adanya penyedian TPS3R dapat meningkatkan pola pengelolaan sampa terpadu dengan mengedepankan konsep 3R, meningkatkan proses pemberdayaan masyarakat dalam pengelolaan sampah sejak dari sumbernya dan meningkatkan kualitas kebersihan lingkungan perumahan melalui pengelolaan sampah terpadu berbasis masyarakat serta mencegah bencana yang ditimbulkan oleh sampah .

“Pengurangan sampah meliputi pembatasan timbunan sampah, pendauran ulang sampah dan pemanfaatan sampah kembali,” tandasnya.

Djuli menambahkan, banjir di Papua khususnya di Kota Jayapura sebagian besar disebabkan adanya tanah longsor yang memenuhi saluran pembuangan air.

“Namun sampah bukan masalah lagi, dimana Kota Jayapura suah beberapa kali mendapat piala Adipura,” kata Djuli Mambaya.

Kegiatan penanganan sampah dan penghijauan dalam gerakan peduli mitigasi bencana tersebut merupakan rangkaian hari Bhakti PU ke-72 yang diperingatai setiap tanggal 3 Desember mendatang. (ing/rm)

LEAVE A REPLY