JAYAPURA – Pemerintah Kota Jayapura dalam hal ini Dinas Pendidikan dan Kebudayaan mengelar lomba literasi antar sekolah rujukan tingkat SMP yang di ikuti sebanyak 28 peserta dari lima sekolah di lima kabupaten, Sabtu (25/11/2017) di Aula LPMP Kotaraja.

Wali Kota Jayapura, Dr. Benhur Tomi Mano, MM dalam sambutannya yang dibacakan Pelaksana Harian Sekda, Drs. M. Nurjainuddin Konu, MKP mengatakan, dengan kegiatan lomba literisasi tingkat SMP ini semua siswa dapat bersaing secara sehat dan sportif.

Siswa, kata Wali Kota Mano dapat saling menunjukkan kemampuan dan ilmu pengetahuan dalam lomba ini sehingga bisa saling tukar ilmu dan saling mengenal satu sama lain. “Saya menyampaikan selamat bertanding dan tetap jaga sportifitas dan saling menunjukkan kemampuannya,”ucap Wali Kota Mano.

Sementara itu, Ketua Panitia Lomba, Alex Deu menyampaiakan bahwa kegiatan lomba ini diikuti dari kabupaten dan kota di antaranya Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura, Nabire, Keerom dan Merauke. Untuk Kota Jayapura diwakilkan dari SMPN 1 sebagai SMP rujukan.

Ia menambahkan, untuk enam katagori perlombaan yang dilombakan yakni lomba cipta baca puisi, musikalisasi, debat, menyanyi solo dan feritelling. Selain mengasah kemampuan dalam perlombaan ini juga dipakai sebagai ajang silahtuhrahmi anatara sekolah dan pelajar dari lima kabupten yang ada.

“Jadi untuk lomba cipta puisi, peserta menciptakan pusi lalu mereka juga yang membacakan puisi mereka itu. Sedangkan untuk musikkalis yakni mereka membacakan cerita dengan diiringi oleh iringan musik sehingga jika cerita itu mengambarkan cerita yang sedih maka musik yang mengiirngi juga begitu syahdu. Selanjutnya ada feritelling yakni mneceritakan cerita dalam bahasa inggris,”terang Alex. (ri/rm)

LEAVE A REPLY