JAYAPURA – Gubernur Papua, Lukas Enembe,S.IP, MH direncanakan menghadiri pelaksanaan Musyawarah Besar (Mubes) II Kankain Kakara Biak (KKB) pada Selasa (5/12/2017) di PPG Petrus Kafiar, Ridge II Biak.

“Jadi Mubes II Kankain Kakara Byak ini direncanakan dihadiri oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, dimana kita mengundang beliau bahwa sebagai Gubernur maupun sebagai sesepuh masyarakat Biak,”ungkap Ketua Panitia Mubes II, Willem K Rumpaidus, S.Sos, MMP, MM ketika ditemui di Jayapura, Rabu (29/11/2017).

Dikatakan, kegiatan Mubes II KKB ini akan dihadiri oleh seluruh Kawasan Biak (Orang Suku Biak) yang berdomisili di Papua, Papua Barat maupun yang berdiaspora di seluruh Indonesia baik cendekiawan dan praktisi adat.

“Acara ini, akan diakhiri dengan natal bersama yang bakal dihadiri oleh 5000-6000 orang,”katanya.

Menurutnya, panitia menghimbau kepada seluruh Kawasa Biak untuk memberikan dukungan moril maupun finansial bagi pelaksanaan Mubes II KKB.

“Memang kepengurusan yang lama ini belum melakukan konsolidasi untuk pergantian, kami menghanggap bahwa kegiatan ini penting untuk rekonsiliasi kembali orang Biak,”imbuh Rumpaidus.

Ditambahkan, tema sentral kegiatan ini adalah Byaksi, dengan sub tema adalah revitalisasi kelembagaan adat sebagai upaya penguatan jati diri Snonkaku Biak. (ama/rm)

LEAVE A REPLY