JAYAPURA – Setelah melewati proses yang begitu panjang, akhirnya Natalis Tabuni, SE, M.Si dan Pdt. Yan Kobogoyau, S,Th.M.Div resmi dilantik sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Intan Jaya oleh Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH periode tahun 2017-2022, di Gedung Sasana Krida, Selasa (12/12/2017).

Untuk itu, Bupati dan Wakil Bupati terpilih ini, berjanji akan segera melakukan rekonsiliasi dengan semua komponen, termasuk rival politik dalam Pilkada lalu.

“Ini jawaban dari pengorbanan kami selama ini beserta tim sukses. Memang kami melewati begitu banyak rintangan dan hambatan, tapi puji Tuhan semua itu kita bisa lalui dengan kesabaran dan pengorbanan,” kata Bupati Natalis Tabuni kepada sejumlah wartawan saat menghadiri acara syukuran di kediaman anggota Komisi IV DPRP, Thomas Sondegau.

Bupati Natalis Tabuni menjelaskan, dengan pelantikan ini, akan mempercepat tindaklanjut daripada pernyataan kesepakatan damai antara tim paslon nomor urut 2 dan 3.

Bahkan, ia berharap tidak terlalu lama melakukan tahapan-tahapan untuk proses perdamaian di Kabupaten Intan Jaya.

Bupati Natalis mengungkapkan, pihaknya berencana melakukan rekonsiliasi menyeluruh, kemudian melakukan rehabilitasi secara bertahap yang akan dilakukan di Intan Jaya, sehingga pelaksanaan pemerintahan, pelayanan kemasyarakatan dan pembangunan publik bisa berjalan dengan baik dan lebih bagus lagi.

“Mari kita sama-sama saling mendukung untuk membangun Intan Jaya kedepan dengan hati yang tulus sehingga kedepannya Intan Jaya lebih baik lagi,” imbuhnya.

Bahkan, lanjutnya, di Intan Jaya sudah tidak ada lagi calon bupati, tetapi Natalis Tabuni dan Yan Kobogoyau sudah dilantik menjadi Bupati dan Wakil Bupati Intan Jaya untuk melayani 97 ribu masyarakat Intan Jaya.

“Jadi kami akan rangkul semua untuk membangun Intan Jaya. Tidak ada lagi tim ini tim itu, tapi sekarang bupati dan wakil bupati untuk semua masyarakat Intan Jaya,” tegas Bupati Natalis Tabuni.

Sementara itu, Wakil Bupati Intan Jaya, Pdt. Yan Kobogoyau mengaku bersyukur kepada Tuhan dengan pelantikan tersebut.

“Secara manusiawi, kami sudah mengalah dan kami sudah capek, karena sudah hampir 1 tahun perjuangan kami ini. Malah boleh dibilang kemenangan ini dibayar dengan nyawa,” bebernya.

Namun, katanya,  dirinya dan Bupati akan siap merangkul semua pihak untuk membangun Intan Jaya.

“Saya selaku Wakil Bupati, tetap sepenuhnya mendukung kegiatan pembangunan dan rehabilitasi untuk membantu bupati dalam pemulihan secara mental, spiritual akan kami lakukan,” ucapnya.

Untuk itu, ia berharap kepada semua masyarakat Intan Jaya agar dapat menerimanya sebagai Bupati dan Wakil Bupati untuk kado natal dengan merehabilitasi di mulai dari hati.

Ia menambahkan, jika pelantikan ini merupakan momentum yang tepat dengan Natal, sehingga mereka menerima kedamaian di hati dan ke depan bisa melakukan pembangunan Intan Jaya yang lebih baik lagi . (ara/rm)

LEAVE A REPLY