JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua mengharapkan Ikatan Alumni Sulawesi Utara di Papua (IKASUP) agar melahirkan karya nyata bagi kemajuan pembangunan di tanah Papua, mengingat anggota IKASUP tidak hanya di pemerintahan baik provinsi maupun kabupaten/kota, tetapi merata di segala bidang.

Hal ini diungkapkan oleh Asisten Bidang Umum Sekda Papua, Elysa Auri, SE, MM mewakili Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH ketika memberikan sambutan saat perayaan Natal IKASUP di Sasana Krida, Rabu (13/12/2017).

“Mari kita merenung kembali, betapa kasih Tuhan kepada kita. Mari kita renungkan meski IKASUP baru terbentuk, tetapi anggota IKASUP ini sudah berkontribusi disegala lini. Bapak Gubernur kita merupakan alumni Sulawesi Utara dan kini mengabdi sebagai Gubernur di Papua,” ungkapnya.

Diungkapkan, natal menjadi momentum perekat persaudaraan diantara anggota IKASUP di tanah Papua.

”Kita melihat ini sinergis dengan komitmen pemerintah, apalagi dalam sub tema yakni IKASUP Papua bertekad menjadikan semangat natal sebagai momentum mempertebal semangat persaudaraan dan persatuan bagi kemajuan bagi tanah Papua,” bebernya.

Elysa menambahkan, tekad mulia dari IKASUP diharapkan terus bergelora dan menghasilkan kerja nyata kreatif dengan semangat persaudaraan dan persatuan, sebagai sesama insan alumni Sulut.

“Pendidikan nyiur melambai, akan menunjukan bahwa jerih payah perguruan, guru atau dosen yang mengajar semasa kuliah tidak akan sia-sia,” ujarnya.

Sementara itu, Pembina Kerukunan Keluarga Kawanua (K3) Provinsi Papua, Drs. Elia I Loupatty, MM mengharapkan agar momentum natal tahun 2017 menjadi momentum dimana IKASUP bisa bersinergi dengan K3, karena tidak bisa dipisahkan.

“K3 dengan IKASUP ini tidak bisa terpisahkan, jadi untuk kita perlu ada sinergitas antara K3 dan IKASUP, sehingga apa yang menjadi komitmen bersama bisa dilaksanakan, termasuk mendukung IKASUP yang juga mendukung program pemberantasan miras di Papua,” tuturnya.

Secara terpisah, Ketua Umum IKASUP, Doren Wakerkwa, SH menuturkan bahwa kehadiran IKASUP di Papua adalah menjadi pionir dalam pembangunan di tanah atau dengan kata lain menjadi kontributor bagi pembangunan berkelanjutan di Papua.

”Kami sudah melakukan bakti sosial dan safari natal ke Keerom, ini merupakan wujud komitmen kami untuk berbagi kepada kasih kepada sesama yang membutuhkan,” katanya lagi.

Kehadiran IKASUP, ujar Doren, membawa misi mulia untuk memanusiakan manusia Papua seusai dengan komitmen Dr. Sam Ratulangi yaitu Sitou Timou Tomou Tou yang artinya manusia hidup untuk memanusiakan manusia lain.

Ibadah natal IKASUP dipimpin oleh Pdt. Thimotius Dawir dengan mengambil Tema : Hendaknya damai sejahtera Kristus memerintahkan dalam hatimu (Kolose 3:15).
Sedangkan Sub tema natal : IKASUP Papua bertekad menjadikan semangat natal sebagai momentum mempertebal semangat persaudaraan dan persatuan bagi kemajuan tanah Papua. (Ama/rm)

LEAVE A REPLY