JAYAPURA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua berhasil meraih penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) tahun 2017 untuk kategori produktivitas tenaga kerja terbaik.

Penghargaan ini diserahkan secara langsung oleh Menteri Tenaga Kerja, Hanif Dhakiri kepada Pemerintah Provinsi Papua yang diwakili oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Drs. Yan Piet Rawar di Kantor Kementerian Tenaga Kerja,Rabu (6/12/2017).

“Penilaian IPK ini merupakan acuan dasar untuk mengukur tingkat keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan di daerah, bahan evaluasi kebijakan dan program ketenagakerjaan daerah serta sarana pemicu agar melaksanakan pembangunan ketenagakerjaan secara optimal,” ungkap Kepala Dinas Tenaga Kerja Provinsi Papua, Drs. Yan Piet Rawar.

Dikatakan, penghargaan ini diharapkan dapat meningkatkan komitmen pemerintah daerah dalam perencanaan tenaga kerja daerah guna mendukung keberhasilan pembangunan ketenagakerjaan di Indonesia secara keseluruhan.

“Provinsi Papua, kalau dihitung produksi lebi besar karena keberadaan PT Freeport Indonesia, sehingga secara akumulasi pendapatan yang besar dibagi dengan penduduk, maka kita paling tinggi, kalau diluar itu kita memang masih rendah,” katanya.

Menurutnya, penghargaan ini juga dilihat dari jumlah produksi barang dan jasa perusahan yang mana cukup tiggi, sehingga pemerintah pusat memberikan penilaian kepada Pemprov Papua.

”Kita harapkan kedepan, bisa mendorong pertumbuhan sektor lainnya, sehingga dengan penghargaan ini menjadi stimulus untuk terus memberikan yang terbaik,” imbuhnya.

Seperti diketahui, Kementerian Ketenakerjaan RI, memberikan penghargaan Indeks Pembangunan Ketenagakerjaan (IPK) terbaik 2017 kepada 13 Pemerintah Provinsi yang dinilai berhasil melaksanakan pembangunan bidang ketenagakerjaan.

Pada tahun 2017 IPK tertinggi berhasil diraih oleh Provinsi DKI Jakarta dengan indeks sebesar 66,11, peringkat kedua ditempati DI Yogyakarta dengan indeks 63, 76 sedangkan peringkat ketiga ditempati Provinsi Bali dengan indeks sebesar 63,48.

Sementara itu, Provinsi Papua berhasil meraih IPK tahun 2017 untuk kategori kategori produktivitas tenaga kerja terbaik. (ama/rm)

LEAVE A REPLY