JAYAPURA – Di penghujung masa jabatan Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH dan Wakil Gubernur Papua, Klemen Tinal, SE, MM maka Dinas Kesehatan Provinsi Papua menjadi salah satu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang konsisten dalam menjalankan program kerja dari pasangan yang dikenal dengan sebutan “LUKMEN” bakal melaunching buku “Menjejak Kaki Penuh Kasih Menjangkau Bumi Papua”.

Buku ini menggambar kisah kesuksesan seorang Gubernur Lukas Enembe, S.IP, MH dan Tim Satgas Kaki Telanjang yang menjumpai, melayani dan mengobati masyarakat di pelosok-pelosok terpencil Papua.

“Sektor kesehatan di Papua menjadi salah satu bidang yang menjadi perhatian dari Gubernur Lukas Enembe dan Wagub Klemen Tinal. Berbagai kebijakan telah dilakukan demi meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Papua,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua, drg. Aloysius Giyai, M.Kes.

Menurut dokter Allo, sapaan akrabnya, semangat “LUKMEN” mampu melahirkan Satgas Kaki Telanjang pada tahun 2015 silam dengan merekrut sejumlah tenaga kesehatan untuk melayani masyarakat wilayah Papua yang terisolir, terluar dan terjauh.

“Mereka berjalan kaki untuk menjangkau pelayanan  ke kampung-kampung,” imbuhnya.

Ia menambahkan, buku ini mengupas tentang dua tahun sepak terjang program Satgas Kaki Telanjang sekaligus meletakan dasar harapan akan keberlanjutannya di 29 kabupaten/kota.

Sebab dengan kebijakan anggaran Otonomi Khusus di era “LUKMEN” dimana 80 persen digelontorkan ke kabupaten/kota, sudah seharusnya Dinas Kesehatan kabupaten/kota maupun kepala daerah mengadopsi program serupa untuk memenuhi kebutuhan tenaga kesehatan di daerahnya masing-masing. (ama/rm)

LEAVE A REPLY