JAYAPURA – Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Papua mengusulkan kepada PSSI Pusat untuk menambah cabang olahraga sepak bola wanita dan futsal wanita untuk dipertandingkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 di Papua.

Ketua Asprov PSSI Papua, DR. Benhur Tomi Mano dalam sambutannya pada Kongres PSSI Papua di Hotel Yasmi Jayapura, Rabu (10/1/2018) mengatakan, Papua punya punya potensi untuk mendulang medali emas di cabang sepak bola dan futsal.

Sehingga harus mempertandingkan galanita dan futsal wanita. Dengan begitu, ada empat medali emas dari cabor sepak bola dan futsal.

Menurutnya, selaku tuan rumah PON, maka Papua harus menyiapkan tim terbaik supaya empat medali emas tersebut menjadi milik Papua pada PON XX nanti.

“Untuk tim sepak bola Papua pondasi dasarnya sudah ada yakni Persipura U-19. Tinggal kita melakukan seleksi lagi mencari pemain-pemain terbaik di kabupaten/kota untuk melengkapi tim tersebut menjadi satu tim yang solid menuju PON 2020,”ungkapnya.

Ditempat yang sama, Anggota Komite Eksekutif PSSI Pusat, Dirk Soplanit mengakui bahwa sangat mendukung usulan yang disampaikan PSSI Papua.

“Ini kan baru usulan, nanti disampaikan kepada PSSI Uusat,” terangnya kepada wartawan.

Ia mengaku, sepak bola wanita Papua sangat luar biasa, dimana akhir tahun 2017 lalu telah menjuarai kompetisi Pertiwi Cup. (lam/rm)

LEAVE A REPLY