JAYAPURA – Langka Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua melalui Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH yang berhasil menandatangani kepemilikan saham divestasi PT Freeport Indonesia (PTFI) dinilai merupakan terobosan luar biasa.

“Kami pikir ini langka dan luar biasa, karena 50 tahun baru ini bisa terwujud, sehingga kami pikir ini langka tepat yang harus didukung oleh seluruh masyarakat Papua,” ungkap Wakil Ketua DPD Demokrat Papua, Ricky Ham Pagawak, SH, M.Si ketika ditemui di Jayapura.

Ham Pagawak yang juga Bupati Mamberamo Tengah ini menilai bahwa sebelum mengakhiri masa jabatan sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM memberikan kado kepada masyarakat Papua lewat sebuah terobosan dan sejarah yakni kepemilikan saham divestasi PT Freeport Indonesia sebesar 10 persen.

“Kami menilai bahwa ini merupakan komitmen yang sudah direalisasikan sehingga mau tidak mau harus tetap dikawal hingga proses divestasinya dapat berjalan dengan baik,” katanya.

Dirinya pun tidak lupa memuji pemerintahan Presiden Jokowi yang sudah memberi andil besar bagi Papua, untuk bisa mendapat jatah 10 persen dari 51 persen saham divestasi tersebut.

“Saya rasa ini luar biasa, sebab dalam sejarah kemerdekaan Indonesia dan sejak beroperasinya PT Freeport Indonesia di Papua baru ini Papua bisa memiliki saham. Bahkan sejak tahun 1967 ditandatanganinya Kontrak Karya (KK) pertama pemerintah pusat dengan PT Freeport Indonesia kemudian dilanjutkan dengan penandatangan KK tahap II tahun 1991 maka orang Papua tidak pernah dilibatkan apalagi mendapat saham. Ini sejarah besar untuk Papua,” terang Ham.

Bahkan, pihaknya optimis masyarakat tetap memilih pasangan Lukas Enembe, S.IP, MH dan Klemen Tinal, SE, MM kembali sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Papua mengingat langka strategis yang mampu dilakukan demi kesejahteraan masyarakat Papua.

“Harus memberikan manfaat bagi masyarakat Papua, sehingga apa yang menjadi kerinduan kita semua akan keadilan bagi masyarakat Papua dapat terwujud,” pungkasnya. (ama/rm)

LEAVE A REPLY