JAYAPURA – Kepengurusan baru Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua periode 2017-2021 dibawah kepemimpinan Lukas Enembe, S.IP, MH bakal dilantik pada Kamis (18/1/2018) oleh Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman, S.IP di Sasana Krida Kantor Gubernur Papua.

Sekretaris Umum (Sekum) terpilih KONI Papua, Kenius Kogoya mengatakan, Surat Keputusan (SK) kepengurusan KONI Papua sudah keluar sejak 28 Desember 2017 lalu. Namun karena kesibukan Ketua Umum KONI maka pelantikan baru dapat dilaksanaan Kamis (18/1/2018).

Kenius mengatakan, kepengurusan KONI Papua periode 2017-2021 kurang lebih 70 orang. Kepengurusan ini dituntut untuk selalu menyumbangkan pemikiran terbaik demi kemajuan olahraga Papua menuju PON XX tahun 2020.

“Kepengurusan KONI periode ini sedikit, bila dibandingkan dengan periode sebelumnya yang mencapai 137 orang,” ujar Kenius.

Dikatakan, tugas dan kewajiban pengurus KONI  Papua akan dituangkan dalam pakta integritas yang akan ditandatangani oleh seluruh pengurus KONI Papua yang akan dilantik.

“Jadi, pengurus KONI Papua akan menandatangani pakta integritas siap diberhentikan jika tidak aktif bekerja sebagai pengurus KONI,” tegasnya.

Lanjutnya, pengurus KONI yang dilantikan diminta mendedikasikan diri agar olahraga Papua berprestasi di tingkat nasional hingga internasional.

“Jangan menjadikan KONI sebagai pekerjaan sampingan, pengurus olahraga itu harus full time, sehingga pakta integritas yang ditandatangani pengurus siap diberhentikan bila tidak aktif bekerja,” tegasnya lagi.

Pelantikan ini dijadwalkan dihadiri pejabat KONI Pusat, yakni Ketua KONI Tono Suratman, Wakil Ketua I Suwarno, Bidang Organisasi dan anggota lainnya serta unsur muspida, kepada daerah, serta KONI kabupaten/kota Se-Papua. (lam/rm)

LEAVE A REPLY