JAYAPURA (PT) – Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Papua, DR. Yusuf Yambe Yabdi sekalu Ketua Tim Kerja Masterplan Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020
secara resmi menyerahkan masterplan penyelenggaraan PON kepada Gubernur Papua, Lukas Enembe, S.IP, MH dan selanjutnya Gubernur menyerahkan kepada Ketua Umum KONI Pusat, Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman.

Pada kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan masterplan prestasi olahraga kepada Ketua Umum PB PON 2020, Yunus Wonda.

Yusuf mengatakan setelah diserahkan kepada KONI Pusat, selanjutnya dalam perjalanan mempersiapkan semua hal yang terkait penyelenggaraan PON oleh pemerintah provinsi Papua selalu mengacu dan dilandasi rencana induk tersebut.

“Masterplan yang diserahkan ini bisa disempurnakan lagi, jika masih
ada yang kurang,” kata Yusuf.

Ketua KONI Pusat, Tono Suratman menambahkan dengan penyerahan masterplan tersebut, maka semua rencana kerja dalam menopang pelaksanaan PON di Papua, baik dari sisi infrastruktur maupun prestasi bisa berjalan dengan baik kedepan.

KONI Pusat juga mengarakan Pemprov Papua menyerahkan rencana induk PON tersebut kepada pemerintah pusat lewat Wakil Presiden Jusuf Kalla dan Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia.

“Kalau serahkan masterplan kepada pemerintah pusat, jangan ke Menpora saja, karena Menpora saat ini lagi sibuk-sibuknya menyiapkan Asean Games, masterplan bisa diserakan juga kepada kementerian/lembaga terkait,” ujarnya.

Tono juga mengharapkan ketika penyerahan masterplan tersebut kepada pemerintah pusat, bisa sekaligus Inpres diserahkan kepada Papua, sehingga bisa segera dilaksanakan. (lam/rm)

LEAVE A REPLY